Peristiwa Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Samarinda Besok Siang

| Jum'at, 23/09/2022 14:43 WIB
Peristiwa Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Samarinda Besok Siang Fenomena Kulminasi Matahari (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Indonesia memiliki letak geografis yang berada pada 6o Lintang Utara (LU) hingga 11O Lintang Selatan (LS) dan membelah garis khatulistiwa (0o).

Kondisi geografis tersebut memungkinkan Matahari untuk pada suatu titik tepat berada tegak lurus di atas kita, hal tersebut menyebabkan fenomena hari tanpa bayangan.

Fenomena hari tanpa bayangan atau yang dikenal dengan kulminasi tersebut akan berlangsung pada tengah hari mulai 7 September hingga 21 Oktober 2022, dan tepat besok 24 September 2022 akan terjadi di Samarinda pukul 12.03 WITA.

Periset Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang menjelaskan bahwa fenomena ini disebabkan karena nilai deklinasi Matahari pada periode tersebut akan sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia. Hal inilah yang menyebabkan Matahari akan berada tepat di atas kepala.

“Karena nilai deklinasi Matahari sama dengan lintang geografis wilayah Indonesia, maka Matahari akan berada tepat di atas kepala kita saat tengah hari. Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga saat tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan Matahari,” jelas Andi.

Andi memberikan tips untuk bisa menyaksikan fenomena hari tanpa bayangan matahari.

 “Yang pertama siapkan benda tegak seperti tongkat atau spidol atau benda lain yang dapat ditegakkan. Lalu letakkan di permukaan yang rata dan amati bayangan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Jangan lupa untuk mendokumentasikannya dengan foto atau rekaman video saat proses tidak adanya bayangan matahari,” paparnya.

Andi juga menambahkan, apabila cuaca berawan, fenomena ini dapat disaksikan paling cepat lima menit sebelum atau paling lambat lima menit setelah waktu yang ditentukan. Hal ini dikarenakan di luar

 

Tags : kulminasi , kulminasi matahari

Berita Terkait