Baleg DPR Dorong Pemerintah Lakukan Sertifikasi Internasional untuk Perawat dan Bidan

| Senin, 03/10/2022 21:20 WIB
Baleg DPR Dorong Pemerintah Lakukan Sertifikasi Internasional untuk Perawat dan Bidan Ilustrasi Paripurna DPR RI (foto: Senayanpost)

RADARBANGSA.COM - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Firman Soebagyo mendorong pemerintah untuk melakukan sertifikasi internasional untuk bidan dan perawat. Hal ini disampaikan pada saat RDPU dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), dalam rangka Penyusunan RUU tentang Kesehatan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

"Padahal kita juga punya SDM yang tidak kalah cerdasnya, tuntutan itu yang kami minta kepada pemerintah agar diberikan sertifikat standar internasional, sehingga kalau bidan, perawat dan tenaga kesehatan kerja di luar negeri mendapatkan gaji sesuai standar internasional," kata Firman Soebagyo.

Firman Soebagyo merasa prihatin melihat bidan dan perawat yang bekerja di luar negeri tapi digaji dengan standar tenaga imigran biasa. Padahal kemampuan bidan dan perawat asal Indonesia tidak kalah dengan profesi serupa dari negara lain.

"Waktu itu kami berkunjung ke Saudi Arabiah, itu banyak yang mereka profesinya sebagai bidan dan perawat tetapi gajinya masih standar TKW, ini memprihatinkan. Di Filipina itu gajinya standar internasional sebagai perawat," terangnya.

Dia pun mengapresiasi Baleg DPR RI yang menginisiasi untuk menyempurnakan RUU tentang Kesehatan. Menurutnya, undang-undang tersebut masih perlu penyempurnaan. Unutk itu, Firman menyarankan agar IBI, PPNI, IAKMI dan IAI membentuk tim untuk memberikan masukan kepada Baleg dalam penyempurnaan undang-undang tersebut.

"Memang DPR punya kewenangan untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap rancangan undang-undang. RUU tentang Kesehatan memang perlu dilakukan evaluasi menyeluruh," tukasnya.

Tags : Baleg DPR , IBI , Bidan , Perawat

Berita Terkait