Dilanda Banjir, Akses Jalan di Aceh Tamiang Terputus

| Kamis, 06/10/2022 20:06 WIB
Dilanda Banjir, Akses Jalan di Aceh Tamiang Terputus Banjir di Tamiang, Aceh (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM – Wilayah Kabupaten Aceh, Provinsi Aceh dilanda banjir usai diguyur hujan dengan intensitas lebat pada beberapa hari terakhir yang menyebabkan sungai Tamiang meluap.

Terdapat empat kecamatan yang terdampak banjir antara lain Kecamatan Bandar Pusaka tepatnya Gampong Pantai Cempaka dan Babo. Kemudian Kecamatan Sekerak tepatnya Gampong Baleng Karang dan Juar, Kecamatan Kota Kualasimpang tepatnya Gampong Kualasimpang, dan terakhir Kecamatan Kejuruan Muda di Gampong Bukit Rata.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang telah berada di lokasi banjir untuk melakukan pendataan korban dan kerusakan.

"Berdasarkan laporan petugas di lapangan, banjir menyebabkan terputusnya akses jalan dari Gampong Juar menuju Gampong Sekumur yang terletak di Kecamatan Sekerak," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam rilisnya, Kamis, 6 Oktober 2022.

“Laporan terkini, di wilayah bagian hulu Aceh Tamiang banjir sudah mulai surut, namun untuk wilayah tengah dan hilir Tinggi Muka Air (TMA) masih tinggi,” tambahnya.

BNPB mengimbau bagi masyarakat dan pemerintah daerah setempat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang dipicu oleh faktor cuaca seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor.

“Melalui kajian InaRisk wilayah Aceh Tamiang memiliki risiko bahaya sedang hingga tinggi pada 12 kecamatan dengan luas bahaya seluas 70.722 hektar,” tukasnya.

 

Tags : Banjir , BNPB

Berita Terkait