Sertifikasi Profesi Gratis, Kado Istimewa Gus Halim di Hari Bakti Pendamping Desa

| Jum'at, 07/10/2022 20:34 WIB
Sertifikasi Profesi Gratis, Kado Istimewa Gus Halim di Hari Bakti Pendamping Desa Perayaan Hari Bakti Pendamping Desa Tahun 2022 (foto: kemendes)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri penetapanHari Bakti Pendamping Desa di Jakarta, Jumat, 7 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menghadiahkan Kado Istimewa untuk seluruh Pendamping Desa. Salah satunya dengan memberikan Sertifikasi Profesi Pendamping Desa yang digawangi Lembaga Sertifikasi Profesi KDPDTT secara gratis.

“Mulai Oktober 2022 ini, sertifikasi pendamping desa dijalankan. Lembaga Sertifikasi Profesi di Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi menyediakan layanan untuk sertifikasi pendamping lokal desa,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengatakan, sertifikasi profesi akan memberikan kepastian kompetensi akan kualitas pendamping. Selain sebagai pengakuan atas profesi pendamping, adanya sertifikasi, katanya jadi peluang bagi pendamping desa untuk mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

“Sertifikasi pendamping lokal desa (PLD) dan pendamping desa (PD) menunjukkan kepada pihak luar, bukti keandalan pendamping desa,” katanya.

Selain itu, lanjut Gus Halim, untuk menambah Kemeriahan Peringatan Hari Bakti Pendamping Desa tahun ini juga Kemendes PDTT juga akan menggelar Lomba Podcast Pendamping Desa. Lomba ini harus diikuti seluruh pendamping lokal desa (PLD).

"Yang boleh ikut hanya PLD, PD dan TA hingga Manas (Manajemen Nasional) tidak boleh ikut," kata Gus Halim.

Tags : Gus Halim , Hari Pendamping Desa