Presiden Jokowi Minta Jajarannya Antisipasi Potensi Bencana

| Rabu, 12/10/2022 23:05 WIB
Presiden Jokowi Minta Jajarannya Antisipasi Potensi Bencana Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengantisipasi dan mengkalkulasi potensi bencana alam karena cuaca ektrem yang terjadi di Indonesia beberapa hari terakhir. Hal tersebut disampaikannya dalam pengantar pada Sidang Paripurna kabinet di Istana Negara, Selasa, 11 Oktober 2022.

"Antisipasi potensi bencana alam karena cuaca ekstrem harus juga dihitung. Gelombang panas di Eropa, banjir bandang di Pakistan, badai di Florida, kekeringan panjang di Afrika, di Kenya, saya kira kita lihat semuanya itu harus menjadi bahan evaluasi kita," kata Presiden Jokowi dilansir dari antaranews, Rabu, 12 Oktober 2022.

Dia mengingatkan jangan sampai Indonesia tidak memiliki persiapan untuk memitigasi bencana akibat cuaca ekstrem. Presiden Jokowi mengaku sudah memerintahkan Menteri PUPR untuk mempersiapkan titik-titik pompa yang harus dibangun untuk mengantisipasi jika terjadi gelombang panas kering.

"Yang saya takutkan adalah ini kita sudah mendapatkan hampir tiga tahun musim basah. Musim basah panjang. Yang saya takutkan ada nanti musim kering juga yang panjang," tuturnya.

Dia menyampaikan jika embung atau penampungan air sudah diperbanyak dan urusan pompa di desa-desa bisa disiapkan secara cepat maka kekeringan diharapkan bisa diantisipasi. "Sekali lagi persiapan mitigasi bencana. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan," ucapnya.

Tags : Jokowi , Bencana Alam , Cuaca Ekstrem , Indonesia