Ketua DPR RI Dorong Peluang Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Kenya

| Kamis, 13/10/2022 20:22 WIB
Ketua DPR RI Dorong Peluang Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Kenya Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pertemuan dengan Presiden Republik Kenya, William Samoei Ruto, menyinggung soal pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cukup positif di saat pertumbuhan ekonomi global mengalami perlambatan.

Puan mengatakan, Indonesia menjadi eksportir produk berkualitas tinggi termasuk sektor otomotif dan berbagai sektor industri lainnya. Terlebih, Indonesia memiliki kekuatan BUMN yang sudah membangun infrastruktur di berbagai negara.

"Pembangunan infrastruktur Indonesia juga dilakukan secara masif. Kedua negara dapat menjajaki sejumlah peluang kerja sama ekonomi, khususnya bidang infrastruktur, Kesehatan/farmasi, transportasi, industri strategis, manufaktur, dan pengadaan rumah terjangkau. Indonesia memiliki sejumlah BUMN di bidang dimaksud yang siap menjajaki potensi kerja sama dengan calon mitra di Kenya," kata Puan dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 13 Oktober 2022.

Tak hanya itu, Puan menyatakan Indonesia ingin terus memperbesar perdagangannya dengan Kenya, termasuk memperbesar ekspor minyak sawit mentah (CPO), kertas karton, produk tekstil, fatty alcohol, pakaian olah raga, aki, kaca optik, dan lemari es. Dalam lingkup b-to-b, asosiasi pengusaha antar kedua negara yang telah menjalin MoU promosi perdagangan antara KADIN RI dengan KNCCI (Kamar Dagang Kenya) dinilai perlu untuk saling kunjung untuk mengenal potensi kedua negara.

Selain itu, Indonesia dan Kenya tengah menjajaki kerjasama pengembangan kelapa sawit antara BUMN Indonesia, PT. Perkebunan Nusantara IV dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit bersama dengan `County Pension Fund`, Kenya. Seperti diketahui, Indonesia merupakan produsen dan eksportir terbesar kelapa sawit di dunia.

"Dengan adanya kerja sama ini, saya yakin kita dapat memperkuat ketahanan pangan bagi masyarakat Kenya dan di Kawasan," tukasnya.

Puan berharap ada peluang kerjasama dan proyek potensial yang bisa dilakukan Indonesia-Kenya, termasuk dalam hal vaksin ataupun obat-obatan baik penelitian dan pengembangan maupun investasi dan perdagangan. Di akhir pertemuan, Puan mengundang William Samoei Ruto untuk berkunjung ke Indonesia guna memperkuat hubungan kedua negara.

"Semoga Indonesia dan Kenya dapat menjalin kerja sama dan kolaborasi di berbagai bidang. Saya berharap hubungan kedua negara dapat berkembang lebih erat di masa mendatang. Asante (terima kasih), Bapak Presiden William Ruto," tutup Puan.

Tags : DPR RI , Indonesia , Kenya , Perdagangan , Ekspor