Di Sela-sela KTT G20, Presiden Jokowi Bakal Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Negara

| Senin, 31/10/2022 18:05 WIB
Di Sela-sela KTT G20, Presiden Jokowi Bakal Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Sejumlah Negara Logo Presidensi G20 Indonesia. (Foto: Kemlu RI)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan berbagai negara dalam agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada November 2022 mendatang.

“Selain kegiatan KTT, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh Bapak Presiden termasuk permintaan untuk pertemuan bilateral,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Jakarta, Senin, 31 Oktober 2022.

Banyaknya pertemuan tersebut, kata Menlu Retno Marsudi, disikapi dengan baik. Hal ini menunjukkan antusiasme dan harapan terhadap G20 ternyata masih sangat tinggi.

“Jadi keinginan negara untuk melakukan engagement satu sama lain juga masih sangat tinggi dan itu, sekali lagi, kita patut syukuri,” tukasnya.

Menlu Retno menyampaikan, Indonesia menerima sekitar 18 permintaan pertemuan bilateral. Salah satu pertemuan yang akan dilaksanakan adalah dengan Amerika Serikat yang akan dilaksanakan di sela-sela KTT G20.

“Sudah banyak banget [permintaan bilateral] dan kita sedang mencoba untuk memasukkan di sela-sela pertemuan-pertemuan itu. Jadi Bapak Presiden kan harus memimpin, sehingga kesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral juga hanya bisa dilakukan di in between pertemuan itu,” tukasnya.

Tags : KTT G20 , Presiden Jokowi , Pertemuan Bilateral

Berita Terkait