Penataan Kawasan Pedestian Surakarta Ditargetkan Rampung Akhir Desember 2022

| Senin, 07/11/2022 23:22 WIB
Penataan Kawasan Pedestian Surakarta Ditargetkan Rampung Akhir Desember 2022 Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). (Dok Kementerian PUPR RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah pusat menargetkan penataan kawasan koridor pedestrian Kota Surakarta dapat rampung lebih cepat dari target kontrak yang seharusnya selesai pada akhir Desember 2022.

"Progresnya hingga saat ini 50,36 persen. Walaupun di kontrak selesai Desember 2022 tapi kelihatannya bisa lebih cepat selesainya pada akhir November atau awal Desember 2022" kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Surakarta, Senin, 7 November 2022.

Menurut Menteri Basuki, sejauh ini kekurangan yang masih harus dipenuhi dalam penataan kawasan tersebut hanya dari sisi fabrikasi untuk beberapa cetakan, seperti anyaman bambu untuk hiasan.

"Ya karena masih difabrikasi, nanti kalau sudah dikirim tinggal pemasangan saja. Selain itu juga ada pot-pot untuk tanaman di Gatot Subroto, saat ini kondisinya masih gersang diperlukan untuk penghijauan," imbuhnya.

Penataan kawasan koridor pedestrian Kota Surakarta dimulai sejak Juni 2022 itu dengan biaya Rp31,6 miliar. Sementara Lingkup pekerjaannya mencakup fasad dan gapura dengan konsep wayang, Pasar Triwindu, pedestrian dan jalan lingkungan, drainase lingkungan, mural, kanopi, dan lampu kawasan.

Tags : PUPR , Penataan Kawasan Pedesterian