Tingkatkan Kapasitas Penggerak Swadaya Masyarakat, Halim: Harus Sejalan SDGs Desa

| Selasa, 08/11/2022 20:19 WIB
Tingkatkan Kapasitas Penggerak Swadaya Masyarakat, Halim: Harus Sejalan SDGs Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta peningkatan kapasitas penggerak swadaya masyarakat harus sejalan dengan 18 tujuan SDGs Desa.

"Peningkatan kapasitas harus sejalan dan diarahkan untuk percepatan pencapaian tujuan SDGs Desa," kata Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar di Jakarta, Senin, 7 November 2022.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengingatkan pentingnya sinegitas Pemerintah Desa, kampus, swasta dan stakeholder dalam meningkatkan kapasitas penggerak swadaya masyarakat.

"Agar sinergi kegiatan pemberdayaan dan pendampingan berjalan dengan baik dan lebih cepat mencapai tujuan pembangunan maka perlu strategi baru, kaidah-kaidah praktis yang lebih mudah untuk dipraktekkan di desa," katanya.

Pendampingan dan pemberdayaan masyarakat, lanjut Gus Halim, dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan dana desa sesuai regulasi prioritas penggunaannya.

“Sejak digulirkan pertama kali pada tahun 2015, status desa di 74.961 desa telah mengalami banyak perubahan. Sejauh ini dana desa yang telah disalurkan mencapai Rp486 Triliun. Jumlah ini telah mampu meningkatkan status desa mandiri dari 174 pada tahun 2015 menjadi 6.238 pada tahun 2022,” tukasnya.

Tags : SDGs Desa , Gus Halim

Berita Terkait