Presiden Jokowi Serahkan Daftar Isian DIPA dan TKDD 2023

| Kamis, 01/12/2022 16:22 WIB
Presiden Jokowi Serahkan Daftar Isian DIPA dan TKDD 2023 Presiden Jokowi menyerahkan daftar isian DIPA 2023 ke Kementerian, Lembaga hingga Pemda (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN disiapkan untuk merespon tantangan ketidakpastian ekonomi globat yang masih berlanjut hingga 2022.

“Strategi besar, rencana besar yang kita siapkan betul-betul harus secara konsisten kita kerjakan di lapangan. Strategi besar dalam merespons tantangan ekonomi global tergambar untuk APBN 2023,”  kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, APBN dirancang untuk mampu mendorong kelanjutan pemulihan ekonomi nasional dan juga reformasi struktural sekaligus menjadi instrumen perlindungan sosial bagi masyarakat yang rentan.

Presiden Jokowi juga meminta jajaran pemerintah untuk  mengawal ketat terhadap penggunaan uang rakyat tersebut sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dan negara.

“Saya minta pada seluruh kementerian, kepala lembaga, dan juga pemerintah daerah mengendalikan secara detail belanja-belanja yang ada,” tukas Presiden Jokowi.

Tags : APBN , ABPD , Keuangan Daerah