Hadapi Liburan Akhir Tahun, Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur Lintas Jawa Siap Dilalui

| Kamis, 01/12/2022 19:26 WIB
Hadapi Liburan Akhir Tahun, Kementerian PUPR Pastikan Infrastruktur Lintas Jawa Siap Dilalui Jalan Tol Jakarta Kota (Doc: Antara)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan nasional di provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghadapi arus kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Menurut Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, Akhmad Cahyadi menyampaikan, di Jawa ini ada tiga lintas utama yaitu Lintas Pantai Utara (Pantura) sepanjang 1.430 km, lalu jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.403 Km dan Lintas Pantai Selatan (Pansela) yang telah terbangun dari Banten – Jawa Barat – Jateng - DIY dan Jawa Timur dengan panjang 1.167 km.

“Ketiga lintas itu kita siapkan sebaik mungkin untuk menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru ini,” kata Akhmad Cahyadi di Yogyakarta, Rabu, 30 November 2022.

Cahyadi menjelaskan pihaknya tidak hanya mempersiapkan tiga lintas utama di Jawa, tetapi juga jalan akses penghubung ketiga lintas utama tersebut. Seperti misalnya dari Pantura ke Selatan itu ada dari Pejagan, Perupuk, Purwokerto. Kemudian yang di Timur ada dari  Rembang, Blora, Cepu, Ngawi.

“Rata-rata kemantapan jalan nasional kita adalah 92%. Memang masih ada beberapa ruas yang belum mantap di lintas selatan seperti Jladri, kemudian di Purwekerto ada beberapa km yang masih perlu kita tingkatkan,” ujarnya..

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Sudewo mengatakan, berkaca pada natal 2021 dan tahun baru 2022 lalu, mobilitas masyarakat hampir seluruh moda transportasi naik.

“Maka dari itu kami meminta pemerintah mempersiapkan sarana dan prasarana dalam menyambut arus mudik dan arus balik Natal 2022 dan tahun baru 2023,” katanya saat Kuker spesifik ke Yogyakarta.

Tags : Nataru , PUPR

Berita Terkait