Kabupaten Sumedang Berhasil Turungkan Angka Stunting Hingga 8,27 Persen

| Senin, 02/01/2023 22:36 WIB
Kabupaten Sumedang Berhasil Turungkan Angka Stunting Hingga 8,27 Persen Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Kabupaten Sumedang berhasil menurunkan angka stunting dari 32,27 persen pada tahun 2018 hingga menjadi menjadi 8,27 persen di tahun 2022.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengungkapkan, keberhasilan penurunan stunting secara signifikan tersebut terjadi karena dukungan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

“Intinya kami menggunakan teknologi sebagai tools, yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik. Kami punya platform namanya Simpati (Sistem Informasi Penanganan Stunting Terintegrasi),” kata Dony Ahmad Munir dalam keterangannya di Istana Merdeka Jakarta, Senin, 2 Januari 2023.

Menurut Dony, platform Simpati menghubungkan berbagai pemangku kepentingan mulai dari kader posyandu untuk melakukan pencatatan pemeriksaan berat badan dan tinggi anak, pimpinan daerah, puskesmas, desa, dan dinas terkait lainnya untuk mendapatkan laporan terkait dengan stunting.

“Platform ini ada spasial, data spasial kewilayahan, mana kecamatan desa tertinggi stunting; yang kedua data statistik ada by name by address-nya, siapa yang stunting; kemudian ada data analitiknya, bagaimana tiap desa itu stunting-nya karena apa,” ungkap Dony.

Rekomendasi intervensi stunting, lanjut Dony, diformulasikan melalui sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang didasarkan pada permasalahan yang ada di masing-masing desa.

“Jadi di tiap desa ada kendala permasalahan stunting yang berbeda-beda, kemudian melalui artificial intelligence kita kasihkan rekomendasinya.  Jadi penanganan stunting diintervensi tiap desa berbeda,” tukasnya.

Tags : Stunting , Presiden Jokowi , Kemenkes

Berita Terkait