Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPB Dorong Percepatan Penanganan Bencana Pasca Gempa Cianjur

| Jum'at, 20/01/2023 22:15 WIB
Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi, BNPB Dorong Percepatan Penanganan Bencana Pasca Gempa Cianjur Sejumlah rumah ambruk akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Senin (21/11) siang. (Foto: BNPB)

RADARBANGSA.COM – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mendorong percepatan penanganan bencana yang telah memasuki tahap rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa M5,6 tahun 2022 lalu.

"Pembersihan puing hampir 2 bulan ini, sudah berhasil sebanyak 2.722 unit telah bersih. Kami menyiapkan alat berat 77 eskavator dan 30 dump truck. Sementara 2.584 personil dibantu oleh masyarakat bahu membahu dalam pembersihan puing," kata Suharyanto di Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 19 Januari 2023.

Suharyano menjelaskan, bagi rumah yang tidak bisa diakses menggunakan alat berat, Pemerintah tetap berupaya untuk melakukan pembersihan. "Semua tempat baik itu yang bisa dilalui atau tidak bisa dilalui alat berat, diupayakan untuk dilakukan pembersihan, yang tidak bisa dilalui alat berat mau tidak mau dilakukan secara manual dengan tenaga manusia," imbhnya.

Suharyanto menegaskan, proses pembersihan yang dilakukan pemerintah tidak dipungut biaya. "Pembersihan puing dibiayai oleh pemerintah, tidak dibebankan pada masyarakat. Jika ada yang meminta imbalan, masyarakat dapat melaporkan," tegasnya.

Sementara itu, lanjut Suharyanto, terkait pembangunan rumah yang tidak berada di zona merah, pemerintah menyiapkan beberapa skema antara lain masyarakat dapat membangun atau memperbaiki rumahnya secara mandiri.

"Skema bagi masyarakat yang memiliki kemampuan bisa bangun sendiri dengan anggaran yang disesuaikan dengan peraturan pemerintah dan didampingi oleh tim teknis dari Kementerian PUPR agar secara struktur bangunan merupakan rumah tahan gempa," tukasnya.

Tags : Gempa Cianjur , BNPB

Berita Terkait