Pertamina Pastikan Tak Ada Yang Tertinggal Dalam Transisi Energi

| Rabu, 25/01/2023 21:14 WIB
Pertamina Pastikan Tak Ada Yang Tertinggal Dalam Transisi Energi Nicke Widyawati resmi menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina (Persero), Rabu (29/8). (Foto: dialeksiscom)

RADARBANGSA.COM – PT Pertamina (Persero) terus memimpin transisi energi di Indonesia dan memastikan seluruh segmen masyarakat dapat menerima manfaatnya. Hal tersebut juga merupakan komitmen global dan menjadi bagian dari rekomendasi kebijakan dari Business 20-Task Force Energy, Sustainability, and Climate (B20-TF ESC) dalam gelaran G20 November 2022 di Bali.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, B20-TF ESC telah melahirkan enam rekomendasi kebijakan untuk mempercepat transisi energi yang mengakomodasi tantangan, peluang, dan risiko yang terkait peningkatan transisi yang adil dan teratur di negara berkembang.

“Ada enam kebijakan, tapi tujuan utamanya adalah tidak ada yang tertinggal dalam masa transisi, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah,” kata Nicke dalam rilisnya, 23 Januari 2023 lalu.

Nicke yang juga menjabat sebagai co-Chair B20-TF ESC pada G20 tahun 2022 mengatakan Indonesia merupakan negara berkembang pertama yang memegang Presidensi G20. Menurutnya, rekomendasi tersebut diperlukan untuk mempercepat transisi energi.

“B20-TF ESC juga harus memastikan partisipasi UMKM dalam kegiatan transisi energi dengan pembiayaan dan capacity building. Mereka harus memfasilitasi adopsi teknologi oleh rumah tangga dan UMKM untuk penggunaan energi yang efisien, bersih, dan modern,” ungkapnya.

Diketahui, B20-TF ESC merupakan gugus tugas yang dihasilkan oleh keterlibatan kelompok B20 di forum G20, di mana Indonesia bertindak sebagai presiden pada tahun 2022.

Tags : Pertamina , EBT , B20