Resmikan Jambaran-Tiung Biru, Wapres: Penggunaan Energi Fosil Bersih Kian Meningkat

| Rabu, 08/02/2023 21:29 WIB
Resmikan Jambaran-Tiung Biru, Wapres: Penggunaan Energi Fosil Bersih Kian Meningkat Peresmian Proyek Lapangan Gas JTB Surabaya (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM – Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin, meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 8 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa penggunaan energi fosil bersih kian meningkat. Untuk itu, Pemerintah terus mendorong penggunaan teknologi bersih dengan menstimulasi industri dalam negeri, seperti pengembangan lapangan unitisasi JTB.

"Ini menunjukkan peran vital gas bumi, mulai dari pemenuhan kebutuhan energi Nasional maupun dalam kebijakan bauran energi Indonesia. Ke depannya akan memasok kebutuhan gas yang cukup besar di pulau Jawa. Pemenuhan kebutuhan gas ini diharapkan memacu geliat dunia usaha, meningkatkan perekonomian masyarakat di tingkat regional sekaligus  Nasional," kata Wapres Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Direktur PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menjelaskan bahwa pemanfaatan gas JTB sebagai energi bersih sejalan dengan kebijakan kemandirian energi tiap wilayah yang akan berkontribusi positif pada kemandirian energi nasional.

"Seluruh pasokan gas dari JTB yang bersumber dari Jawa Timur diberikan untuk masyarakat Jawa Timur sehingga kemandirian energi dari sektor gas ini akan terwujud untuk Jawa Timur," ujar Nicke.

Diketahui, proyek Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru dikembangkan oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) yang merupakan bagian dari Regional Indonesia Timur, anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream Pertamina.

Tags : Pertamina , Energi Fosil