Penasehat DWP Kemendes PDTT Imbau Ibu Hamil Penuhi Kebutuhan Gizi yang Baik

| Rabu, 08/03/2023 18:16 WIB
Penasehat DWP Kemendes PDTT Imbau Ibu Hamil Penuhi Kebutuhan Gizi yang Baik Penasehat DWP Kemendes PDTT, Lilik Umi Nasriyah (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM – Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemendes PDTT Lilik Umi Nashriyah menegaskan Ibu hamil harus mampu mengatur dan memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk dirinya dan janin dalam kandungannya.

"Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, tahun 2018 sebesar 32 persen anak lahir sudah stunting. Ini diakibatkan karena kurangnya gizi saat kehamilan," ujar Lilik Umi Nashriyah di Lampung Selatan, Lampung, Selasa, 7 Maret 2023.

Menurut Lilik penanganan stunting dalam pemenuhan kebutuhan gizi dibutuhkan saat pre natal (sebelum melahirkan) maupun post natal (setelah melahirkan). Seperti makan makanan yang mengandung protein dan tablet penambah darah.

"Misalkan, pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri dan ibu hamil, serta layanan konsultasi ibu hamil. Pastikan sudah semua ya bu," ungkapnya.

Tak hanya itu, Lilik juga mengingatkan agar Ibu hamil perlu memastikan janin berkembang secara ideal dan optimal. Seperti mengecek kandungan melalui pemeriksaan di layanan Kesehatan, bidan praktek mandiri, puskesmas atau pun rumah sakit.

“Jadi pemeriksaan di Puskesmas sekarang banyak diberikan alat-alat USG," tuturnya.

Sementara itu, untuk post natal, Lilik mengimbau untuk mengonsumsi makanan pendamping asi yang mengandung protein hewani.

"Sementara post natal, stunting secara signifikan pada usia 6 sampai dengan 23 bulan. Ini dimungkinkan akibat kurangnya protein hewani pada makanan pendamping asi, setelah usia 6 bulan," tukas Lilik.

Tags : Ibu Hamil , Stunting , Kemendes PDTT

Berita Terkait