Minggu Pagi, Pawai Obor Asian Para Games Kelilingi Jakarta

| Sabtu, 29/09/2018 06:05 WIB
Minggu Pagi, Pawai Obor Asian Para Games Kelilingi Jakarta Logo Asian Para Games 2018. (Foto: asianparagamesid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Api obor Asian Para Games telah melewati beberapa kota besar di Indonesia. Berawal dari pengambilan api obor dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, pawai obor langsung start dari Kota Solo, 5 September 2018 lalu.

Kemudian, pawai api obor berlanjut ke Kota Ternate, Makassar, Bali, Pontianak, Medan, dan Pangkal Pinang. Selanjutnya, pada Minggu, 30 September 2018 pagi pawai api obor akan kelilingi Kota Jakarta.

"Akhirnya kami sampai ke Kota terakhir. Perjalanan api ini merupakan simbol gelora Asian para Games yang kami promosikan, kampanyekan ke seluruh daerah Indonesia melalui kota-kota yang dilewati. Kita juga membawa tema semangat peduli disabilitas. Insya Allah akan menjadi paling damai di perjalanan pawai obor yang pernah ada," kata Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari saat jumpa pers di Senayan, Jakarta, Jum`at, 28 September 2018.

Pelaksanaan pawai obor akan dimulai sejak pukul 07.00 Wib dengan melewati tiga titik etape. Api obor akan start dari Balai Kota kemudian menuju gedung MPR/DPR RI dan berakhir di kantor Kemenpora RI.

"Pelepasan obor akan dilakukan oleh Gubernur DKI Aniea Baswedan. Obor akan diarak dengan kemeriahan dan tema multikultur, semangat, bahwa kita sebagai bangsa Indonesia siap menyambut Asian Para Games," ujar penanggung jawab toech relay, Rahmat Tri Yaniarto.

Pembawa obor di Jakarta melibatkan sejumlah pejabat dan pimpinan lembaga negara seperti Jaksa Agung, Ketua MPR, Ketua DPRD DKI, Ketua Bappenas, Menteri Pariwisata dan Komisi X DPR RI. Selain itu, juga turut berpartisipasi sejumlah atlet paralimpian dan Olimpian.

Selama pawai obor berlangsung, kegiatan tersebut juga dimeriahkan beragam event yang dimeriahkan sejumlah artis ibukota dan melibatkan para difabel. "Kami juga menyiapkan panggung untuk para difabel, kesenian daerah lokal, lalu perlombaan, UKM yang akan terlibat disana. Jadi disanalah puncak acara obor di Jakarta," pungkasnya. 

Tags : Asian Para Games 2018 , Api Obor , DKI Jakarta

Berita Terkait