Rossi Minta Aspek Keselamatan MotoGP Terus Ditingkatkan

| Rabu, 15/01/2020 21:55 WIB
Rossi Minta Aspek Keselamatan MotoGP Terus Ditingkatkan Valentino Rossi (Pembalap Tim Monster Energy Yamaha). (Foto: bolasportcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi meminta aspek keselamatan di MotoGP, terutama di sirkuit terus ditingkatkan. Menurutnya, ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu merupakan olahraga dengan risiko yang amat tinggi.

Sebagai pembalap yang malang melintang di MotoGP sejak tahun 2000 lalu, Rossi mengakui aspek keselamatan dari sisi teknis sudah jauh meningkat. beberapa aspek yang diklaim lebih baik dari masa lalu yakni kualitas jaket pelindung tubuh dan helm.

Di era sekarang, setiap pembalap MotoGP wajib pakai kantung udara di bagian belakang jaket dan pelindung dada di dalam. Namun, hal tersebut dinilai Rossi belum cukup karena aspek keselamatan di sirkuit juga perlu ditingkatkan, salah satunya run-off area.

"Menurut saya, kami semua sudah bekerja keras untuk keselamatan dengan Komite Keselamatan MotoGP sejak 2003. Kami sudah berhasil meningkatkan keamanan dan peralatan balap. Sekarang ada beberapa langkah yang wajib dipatuhi, seperti kantung udara dan pelindung dada," ujar Rossi dikutip dari Motorsport Total, Rabu, 15 Januari 2020.

Jarak run-off area memang perlu diatur karena pembalap biasanya akan meluncur bebas setelah terjatuh dari motor. Jika gravel dan run-off area terlalu pendek dengan pembatas, bukan tidak mungkin pembalap mendapat cedera yang lebih parah akibat efek benturan.

Tags : MotoGP , Valentino Rossi , Run-Off Area