Wabah COVID-19, MotoGP Jepang 2020 Resmi Dibatalkan

| Senin, 01/06/2020 22:10 WIB
Wabah COVID-19, MotoGP Jepang 2020 Resmi Dibatalkan MotoGP. (Foto: twitter @Kompasqq)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wabah COVID-19 masih melanda sejumlah negara. Banyaknya korban jiwa akibat penyebaran virus ini mempengaruhi kejuaraan MotoGP 2020.

Pihak penyelenggara MotoGP kembali memutuskan membatalkan balapan MotoGP Jepang 2020. Sejatinya, balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang digelar pada 16-18 Oktober 2020. Pembatalan ini karena penyebaran COVID-19 tak bisa diprediksi serta adanya pembatasan perjalanan yang diterapkan di sejumlah negara.

FIM, IRTA, dan Dorna Sports pun menyesal atas pembatalan balapan ini. Kini, balapan MotoGP di Sirkuit Twin Ring Motegi yang telah digelar sejak 1999 itu pun diharapkan bisa kembali digelar pada tahun depan.

“Mobilityland telah mempersiapkan Grand Prix MotoGP Jepang tahun ini, namun situasi di Jepang dan Eropa tidak dapat diprediksi dan perpanjangan larangan perjalanan internasional terjadi,” ujar Presiden Mobilityland Corporation, Kaoru Tanaka, dilansir dari laman resmi MotoGP, Senin, 1 Juni 2020.

“Sebagai hasil dari diskusi kami dengan Dorna, badan manajerial seri, kami sepakat bahwa kami tidak punya pilihan selain membatalkan GP Jepang untuk menyelesaikan musim. Kami memahami ini menimbulkan kekecewaan besar bagi penggemar dan semua pihak terkait. Kami berterima kasih atas pengertian Anda,” lanjutnya.

Pembatalan MotoGP Jepang 2020 pun telah menambah panjang daftar balapan yang tak bisa digelar sesuai jadwal pada musim ini akibat merebaknya Covid-19. Sejauh ini tercatat, sudah ada 14 seri yang terkena dampak berupa penundaan hingga pembatalan. Untuk seri yang sudah dipastikan batal digelar, selain Jepang, ada GP Qatar, Jerman, Belanda, Finlandia, Inggris, dan Austalia.

Tags : MotoGP 2020 , Jepang