Persiapan Olimpiade 2032, Tiap Cabor Bina Atlet Usia Dini

| Senin, 01/03/2021 12:43 WIB
Persiapan Olimpiade 2032, Tiap Cabor Bina Atlet Usia Dini Menteri Pemuda dan Olahraga (Sumber:Kemenpora.go.id)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melihat pembinaan atlet usia dini di berbagai cabang olahraga akan menjadi prioritas sebagai target jangka panjang untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi yang kelak mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

Hal ini disampaikan oleh Menpora Amali dalam sambutannya saat membuka secara resmi Musyawarah Nasional Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Munas PB PRSI) yang digelar secara virtual, Sabtu, 27 Februari 2021.

"Saya kira pembinaan junior harus lebih diutamakan karena selama ini hampir di semua cabang olahraga konsentrasi kita selalu terpusat pada pembinaan yang sudah senior. Karena target-terget jangka panjang, sekarang ini pola pembinaan kita harus kita rombak, sejak usia dini dan itu sudah kita masukan di dalam perencanaan desain besar," kata Amali.

Rencana tersebut dilakukan sebagai persiapan untuk membina para atlet dalma menghadapi Olimpiade pada tahun 2032 mendatang. Di mana Indonesia diharapkan akan menjadi tuan rumah event olahraga tingkat dunia tersebut.

"Mohon dukungan dan doanya kita berusaha untuk feeding menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032. Kaitan dengan itu Kemenpora dan stakeholder sudah memetakan cabang-cabang olahraga mana saja yang bisa kita unggulkan untuk kita persiapkan sejak dari sekarang sampai dengan 10 tahun ke depan yang bisa menghasilkan prestasi buat Indonesia," jelasnya.

Dalam beberapa hari kedepan, Menpora Amali akan menemui Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana-rencana yang akan dilakukan dalam menyiapkan atlet-atlet sehingga bisa meraih prestasi dan juara pada Olimpiade nanti.

"Beberapa hari ke depan saya akan lapor kepada bapak Presiden mudah-mudahan akan segera ditetapkan grand desain dan juga akan segera ditetapkan master induk atau master plan kita untuk menuju prestasi menuju Olimpiade 2032. Sementara dalam hitung-hitungan kami dengan para akademisi, para ahli dan lain sebagainya kita targetkan minimal kita berada di 10 besar," harap Menpora Amali.

Pemerintah saat ini sedang fokus untuk mempersiapkan atlet junior untuk berlaga di Olimpiade tahun 2032 mendatang. Namun event olahraga internasional lain sebelum Olimpiade juga harus meraih prestasi.

Tags : Kemenpora

Berita Terkait