KOI : Indonesia Sukses Penuhi Target Olimpiade Tokyo 2020

| Selasa, 03/08/2021 18:36 WIB
KOI : Indonesia Sukses Penuhi Target Olimpiade Tokyo 2020 Greysia/Apriyani Ganda Putri Bulutangkis Indonesia berhasil raih medali emas olimpiade tokyo (foto:AFP)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa kontigen Indonesia telah sukses memenuhi target sementara dengan masuk peringkat 40 besar pada klasemen Olimpiade Tokyo 2020 setelah pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyumbangkan medali emas. 

"Alhamdulillah akhirnya emas. Selamat pada pasangan Greysia/Apriyani. Insyaallah lebih dari target yang direncanakan. Semoga lebih baik dari ranking 40," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin, 3 Agustus 2021.

Selain emas dari pasangan Greysia/Apriyani, kontingen Indonesia juga mendapatkan tambahan satu perunggu setelah Anthony Ginting sukses mengalahkan wakil Guatemala.

Dengan koleksi satu emas, satu perak dan tiga perunggu, Indonesia sementara menempati peringkat 35 klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo. Sejauh ini, posisi itu jelas jadi peningkatan dibandingkan saat berakhir di posisi 47 klasemen akhir Olimpiade Rio 2016.

Namun, kontingen Indonesia belum bisa tenang karena rangkaian Olimpiade Tokyo 2020 masih berlanjut hingga upacara penutupan 8 Agustus nanti dan masih ada 127 keping medali emas lagi diperebutkan.

Raihan perunggu Anthony Ginting, sekaligus menutup kiprah kontingen Indonesia di Tokyo, mengingat pasukan Merah Putih hanya mengirimkan 28 atlet dan semuanya sudah tampil di delapan cabang olahraga masing-masing.

Hingga Senin ini, kontingen Indonesia juga terbilang unggul di antara negara-negara Asia Tenggara lainnya. Filipina dan Thailand sejauh ini sama-sama baru mengumpulkan satu keping medali emas dan menempati peringkat 51, sedangkan Malaysia di posisi 75 dengan satu perunggu.

Untuk di posisi puncak klasemen ada Tiongkok dengan raihan 29 emas, 17 perak dan 16 perunggu disusul Amerika Serikat dengan 22 emas, 25 perak, 17 perunggu. Tuan rumah Jepang berada di posisi tiga dengan 17 emas, 6 perak dan 10 perunggu.

 

 

Tags : KOI , Olimpiade Tokyo

Berita Terkait