Menutup Olimpiade Tokyo 2020, Amerika Raih Juara

| Senin, 09/08/2021 16:04 WIB
Menutup Olimpiade Tokyo 2020, Amerika Raih Juara

RADARBANGSA.COM - Olimpiade Tokyo 2020 telah resmi ditutup dengan seremoni yang digelar di Stadion Olympic, Minggu, 8 Agustus 2021. Pesta olahraga empat tahunan itu mengumumkan Kontingen Amerika Serikat (AS) menjadi juara umum dengan perolehan total 113 medali dengan rincian 39 emas, 41 perak dan 33 perunggu.

AS sebelumnya bersaing ketat dengan kontingen negara Tiongkok, dan akhirnya dimenangkan AS dengan hanya unggul satu medali emas.  Tiongkok yang meraih 38 emas, 32 perak dan 18 medali perak. Tuan rumah Jepang berada di peringkat ketiga dengan 27 emas, 14 perak dan 17 perunggu.

Sedangkan, kontingen Indonesia menempati peringkat 55 dengan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. 

Medali emas diraih cabang bulutangkis di nomor ganda putri melalui Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Lalu 1 perak diraih lifter Eko Yuli Irawan di cabang angkat besi. Sedangkan 3 perunggu masing-masing diraih Anthony Sinisuka Ginting (bulutangkis), Erwin Abdullah (angkat besi), dam WIndy Cantika Aisah (angkat besi).

Olimpiade di tahun ini tidak lepas dari masalah, mulai dari skandal doping yang melibatkan pesenam Ukraina, Oleh Vernyaev yang positif untuk meldonium. Juga, atlet triatlon Ukraina Yulia Yelistratova diskors dari partisipasi dalam Olimpiade 2020 di Tokyo lantaran Komite Anti-Doping menemukan erythropoietin di tubuhnya.

Selanjutnya, otoritas yang lebih tinggi menangguhkan tiga atlet Ukraina untuk berpartisipasi dalam Olimpiade karena jumlah tes doping yang tidak mencukupi.

Lalu, terdapat pula kejadian diusirnya atlet Belarusia, Kristina Timanovskaya oleh kontingennya. Menurut perwakilan Dana Solidaritas Olahraga Belarusia, pelari tersebut telah mengajukan permohonan suaka politik di Polandia.

Tags : Olimpiade Tokyo 2021 , AmerikaSerikat

Berita Terkait