Kemenpora Targetkan Masuk 10 Besar di Olimpiade Tokyo 2045

| Kamis, 02/09/2021 10:11 WIB
Kemenpora Targetkan Masuk 10 Besar di Olimpiade Tokyo 2045 Greysia/Apriyani Ganda Putri Bulutangkis Indonesia berhasil raih medali emas olimpiade tokyo (foto:AFP)

RADARBANGSA.COM - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora), Chandra Bhakti membeberkan mimpi besar olahraga Indonesia untuk masuk 10 besar di Olimpiade 2045 mendatang. Pencapaian itu diharapkan dapat bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka.

Penegasan itu disampaikan Chandra Bhakti pada webinar dengan tema Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama Kempora secara daring, Rabu, 1 September 2021.

"Kita ingin bertepatan 100 tahun Indonesia Merdeka bisa masuk 10 besar pada Olimpiade 2045. Untuk itu dari sekarang kita mengusahakan cita-cita besar itu dengan membuat Desain Besar Olahraga Nasional ini," kata Chandra.

 

"Dengan waktu 24 tahun, kita akan persiapkan sebaik mungkin atlet kita dengan Desain Besar Olahraga Nasional demi cita-cita besar tersebut," jelas Chandra.

14 cabang olahraga akan menjadi prioritas didasarkan prestasi internasional yang diraih dan telah diputuskan pada DBON. Ada pun 14 cabang olahraga adalah: bulutangkis, angkat besi, panahan, panjat tebing, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat.

"Memutuskan 14 cabor prioritas ini berdasar masukan akademisi, asosiasi profesor olahraga, wartawan olahraga, dan stakeholder olahraga agar nantinya kita bisa fokus dalam membina dan melahirkan prestasi tingkat dunia," terang dia.

 

"Kepada 14 cabor prioritas itu tidak otomatis akan tetap aman karena kita memberlakukan promosi dan degradasi berdasar prestasi," urai Chandra.

Ditambahkan Chandra, posisi Desain Besar Olahraga Nasional kini sudah berada di Sekretariat Negara untuk selanjutnya diharapkan akan bisa jadi putusan pemerintah (PP) agar bisa dijalankan secara nasional.

Tags : Kemenpora , Olimpiade2045

Berita Terkait