Masjid Tertua di Dunia

| Selasa, 14/05/2019 21:25 WIB

RADARBANGSA.COM - Jutaan masjid tersebar di berbagai belahan dunia. Di antara semuanya, Masjid Quba di Madinah menjadi yang tertua. Nabi Muhammad SAW meletakkan batu pertama pada abad ke-6 masehi.

Masjid Quba masih berdiri megah sampai sekarang. Masjidil Haram memang punya sejarah panjang sejak zaman Nabi Ibrahim, namun masjid pertama dalam sejarah Islam adalah Masjid Quba.

Masjid Quba sekitar 5 Km dari Masjid Nabawi. Tak banyak wisatawan yang sadar, mereka sedang dihadapkan dengan masjid tertua di dunia. Inilah Masjid Quba, yang pembangunannya rampung pada tahun 622 masehi. peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Pada masa itu Nabi Muhammad SAW menghabiskan waktu 20 hari di masjid ini. Sang Nabi pun berdoa dan salat di sini. Konon, salat sebanyak 2 rakaat di Masjid Quba pahalanya sama dengan 1 kali Umrah. Karena usia yang sudah uzur, masjid ini dibangun ulang tahun 1982. Pada 2012, Masjid Quba kembali dipugar dan diperbesar. Pemerintah setempat menggelontorkan 100 juta Riyal (Rp 2,6 miliar) untuk membangun kembali masjid tertua di dunia ini.

Tags : Masjid Quba ,

Berita Terkait