Tutup Defisit BPJS Kesehatan, Sri Mulyani Siap Gelontorkan Rp10 Triliun

| Senin, 07/10/2019 21:49 WIB
Tutup Defisit BPJS Kesehatan, Sri Mulyani Siap Gelontorkan Rp10 Triliun Kantor BPJS Kesehatan. (Foto: bantuanbpjscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menyiapkan alokasi dana Rp8 triliun sampai Rp10 triliun untuk menutup defisit keuangan BPJS Kesehatan tahun ini. Jumlah anggaran tersebut tidak jauh berbeda dari alokasi tahun lalu yang digelontorkan pemerintah sebesar Rp10,3 triliun.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Rp160.000, Jokowi Segera Terbitkan Aturannya

"Tidak jauh berbeda, kami siapkan Rp8-10 triliun. Dananya sudah ada semua di APBN, sehingga nanti tidak ada kekurangan," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Namun, dia menjelaskan bahwa anggaran tersebut masih bisa bertambah sekitar Rp2 triliun hingga Rp3 triliun. Dana itu, lanjutnya, dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, juga berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT). "Itu semua sudah kami cadangkan," ujarnya.

Baca Juga: Terus Merugi, Jokowi Instruksikan BPJS Kesehatan Perbaiki Sistem Keuangan

Meskipun begitu, alokasi yang disiapkan pemerintah sejatinya tak sampai separuh dari proyeksi defisit keuangan BPJS Kesehatan pada tahun ini yang diproyeksikan sebesar Rp28 triliun. Untuk itu, pemerintah masih harus `putar otak` untuk menambal defisit tersebut. 

Tags : BPJS Kesehatan , Defisit Keuangan , Kementerian Keuangan