Muktamar NU ke-34 Resmi Digelar di Lampung, Kiai Ishom: Mari Kita Sukseskan

| Jum'at, 11/10/2019 19:01 WIB
Muktamar NU ke-34 Resmi Digelar di Lampung, Kiai Ishom: Mari Kita Sukseskan KH Ahmad Ishomuddin (Rais Syuriyah PBNU). (Foto: twitter @SuaraIslamco)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) telah menetapkan lokasi Muktamar ke-34 NU tahun 2020 adalah di Provinsi Lampung, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 420/AII/04 D/10/2019.

Keputusan tersebut ditandatangani oleh Rais Aam KH Miftachul Akhyar dan Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, serta Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dan Sekjen Helmy Faishal Zaini pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Baca Juga: Alasan PBNU Pilih Lampung Sebagai Tuan Rumah Muktamar NU ke-34

Sesaat setelah diputuskannya Lampung sebagai tempat penyelenggaraan Muktamar NU tersebut, Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin (Kiai Ishom) mengajak seluruh elemen yang ada di Lampung untuk dapat bekerjasama dan menyukseskan agenda akbar tersebut.

"Kerja keras dan kerja sama PBNU bersama PWNU Lampung diperlukan dan juga didukung oleh pemerintah provinsi dan kabupaten kota," kata Kiai Ishom seperti terlihat dalam tayangan video yang diunggah akun facebook-nya.

Dengan kekompakan ini, Kiai yang juga berasal dari Lampung itu berharap kepercayaan yang telah diberikan PBNU kepada Lampung bisa dilaksanakan dengan sukses dan tidak ada hambatan.

"Muktamar NU yang sukses akan menjadi indikator bagi suksesnya kehidupan berbangsa dan bernegara di negara kita Republik Indonesia," katanya.

Penentuan dan keputusan lokasi Muktamar 2020 terjadi setelah melalui proses panjang. Dalam menentukan lokasi Muktamar ini, PBNU menerima pengajuan dari PWNU. Tim PBNU kemudian melakukan kajian lapangan ke tujuh bakal lokasi. Tujuh lokasi kemudian mengerucut menjadi tiga, hingga PBNU menghasilkan lokasi Muktamar seperti saat ini, yakni di Lampung.

Baca Juga: Resmi! PBNU Putuskan Muktamar NU ke-34 Digelar di Lampung

Kultur NU di Lampung menurutnya sangat kuat. Bukan hanya itu Lampung adalah representasi dari Bhineka Tunggal Ika di mana ragam agama, etnis dan budaya dapat hidup rukun berdampingan. Tentu tidak lepas dari peran warga NU di Provinsi Lampung.

Adapun lokasi yang direncanakan akan digunakan di Provinsi Lampung adalah Pondok Pesantren Darussaadah di Mojoagung, Gunung Sugih, Lampung Tengah, Islamic Center/Asrama Haji di Rajabasa, Bandar Lampung, serta Universitas Malahayati di Jalan Pramuka, Bandar Lampung.

Tags : Muktamar Nu ke-34 , Kiai Ishom , Lampung

Berita Terkait