Hari Santri 2019, Syaiful Bahri Anshori: Momen Perjuangan Memajukan Indonesia

| Selasa, 22/10/2019 15:03 WIB
Hari Santri 2019, Syaiful Bahri Anshori: Momen Perjuangan Memajukan Indonesia Syaiful Bahri Anshori (Anggota DPR RI Fraksi PKB). (Foto: twitter @sbanshori)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hari Santri Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 22 Oktober untuk mengenang perjuangan para santri dalam mengusir penjajah dan memerdekakan Indonesia. Hal itu ditandai dengan Resolusi Jihad yang disampaikan oleh KH Hasyim Asy`ari pada 22 Oktober 1945.

Untuk itu, sejak tahun 2015 melalui Keputusan Presiden (Keppres) no. 22 tahun 2015, pemerintah resmi menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Santri Nasional (HSN). Hingga saat ini, setiap tahun para santri memperingati HSN sebagai bentuk penghormatan perjuangan para santri dalam memerdekakan Indonesia.

Baca Juga: Syaiful Bahri Anshori Yakin Jokowi-Ma`ruf Tancap Gas Usai Dilantik

Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Syaiful Bahri Anshori mengatakan, para santri saat ini harus tahu dan paham bagaimana perjuangan para santri, kiai dan ulama dalam mengusir penjajah dan menjadi pionir bagi kemerdekaan Indonesia. Karena itu, memperingati HSN tahun ini, Syaiful berharap agar Santri terus belajar dan mengembangkan ketrampilan agar bisa membawa Indonesia lebih maju.

"Santri telah banyak belajar di Pesantren mulai dari agama, akhlak dan pengetahuan umum. Untuk itu, santri harus mampu menjadi pionir kemajuan bangsa ke depannya," kata Syaiful dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 22 Oktober 2019.

Santri, sambungnya, telah banyak mewarnai dan turut aktif dalam memajukan bangsa Indonesia sejak dulu. Bahkan, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) merupakan santri yang sukses menjadi Pemimpin bangsa, yakni Presiden RI ke-4.

Syaiful berharap agar para santri juga bisa belajar dari para pendahulunya. Sehingga, ilmu yang didapat di Pesantren bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat serta turut serta memajukan Indonesia ke depan.

"Saya berharap para santri mampu membagi ilmunya dan menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Dan ke depannya bisa membawa Indonesia jadi lebih maju," pungkasnya.

Tags : Hari Santri 2019 , Syaiful Bahri Anshori , Indonesia

Berita Terkait