Mengenal Sosok Ida Fauziyah, Kader Perempuan PKB Jabat Menaker

| Rabu, 23/10/2019 14:50 WIB
Mengenal Sosok Ida Fauziyah, Kader Perempuan PKB Jabat Menaker Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan RI periode 2019-2024). (Foto: Faizal Fanani)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sosok Ida Fauziyah terbilang baru di jajaran eksekutif. Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PKB itu dipanggil ke Istana bersama sejumlah calon menteri lainnya untuk membantu pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin.

Ida telah memiliki banyak pengalaman baik di organisasi maupun di Parlemen. Perempuan kelahiran Mojokerto itu sudah menjadi anggota DPR RI sejak tahun 1999.

Baca Juga: Ida Fauziyah Kader PKB Pertama Sambangi Istana

Ida merupakan Anggota DPR RI Fraksi PKB selama empat periode. Banyak jabatan penting yang amanatkan padanya mulai dari Ketua Komisi VIII hingga wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) dan wakil Ketua Komisi II. Selain itu, Ida juga dipercaya menjadi Ketua Fraksi PKB DPR RI periode 2014-2019.

Saat mengenyam bangku kuliah, Ida telah aktif di organisasi. Ia merupakan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan aktif di Korps Pergerakan mahasiswa Islam Indonesia Putri (Korpri) PMII.

Tak hanya itu, Ida juga pernah menjabat Ketua Umum Fatayat NU tahun 2010-2015. Saat ini, Ida juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) tahun 2015-2020.

Tahun 2018 lalu, Ida juga diminta Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) maju sebagai calon wakil Gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan Sudirman Said.

Baca Juga: Sambil Tersenyum, Ida Fauziyah Akui Diskusi Soal Lapangan Kerja Bareng Jokowi

Selanjutnya, Ida juga menjadi Koordinator Nasional (Kornas) Suara Perempuan (Super) Jokowi dan menjabat sebagai Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma`ruf Amin pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Usai resmi dilantik, Presiden Jokowi pun meminta Ida untuk menjabat Menteri Ketenagakerjaan periode 2019-2024. 

Tags : Ida Fauziyah , Menteri , Jokowi , Gus Muhaimin , PKB

Berita Terkait