Momentum Hari Kesehatan 2019, PBNU Minta BPJS Fokus Perbaikan Pelayanan Kesehatan

| Selasa, 12/11/2019 18:56 WIB
Momentum Hari Kesehatan 2019, PBNU Minta BPJS Fokus Perbaikan Pelayanan Kesehatan Logo NU

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua PBNU H Syahrizal Syarif menegaskan, dalam momentum Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 ini, pemerintah harus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, misalnya dengan menangani Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan lebih baik lagi.

“Sebagai Ketua PBNU saya mengucapkan selamat atas capaian pembangunan bidang kesehatan,” ungkap dokter Ahli Epidemiologi ini di Jakarta, sebagaimana dilansir NU Online, Senin, 11 November 2019.

PBNU juga memberi catatan agar masalah pembiayaan kesehatan BPJS dapat ditangani pemerintah dengan baik dengan disertai peningkatan kualitas pelayanan.

Lebih dari itu, pemerintah juga harus melakukan langkah pencegahan terhadap penyakit dan melakukan promosi pola hidup sehat lebih masif kepada masyarakat.

“Sesuai amanat muktamar Jombang 2015, mari kita tingkatkan fasilitas kesehatan di lingkungan PWNU dan PCNU dengan pendirian rumah sakit dan klinik pratama. Warga NU hendaknya menyadari dan memperaktikan perilaku hidup sehat. Pesantren-pesantren NU juga diharapkan mengembangkan pesantren sehat. NU maju, Indonesia maju,” jelasnya.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj juga memiliki perhatian terhadap dunia kesehatan, terutama kepada warga NU, dan bangsa Inonesia secara umum.

Di Hari Kesehatan Nasional ini, kiai yang pernah menjadi santri Kempek, Lirboyo, Krapyak, dan Ummul Qurra Mekkah, berdoa agar bangsa Indonesia mendapatkan bimbingan lindungan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dijauhkan dari penyakit berbahaya, terbebas dari bencana alam, dan berharap masyarakat bisa menjaga kesehatan.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Tsaqofah Ciganjur, Jakarta Selatan ini berpendapat, kesehatan masyarakat sangat penting agar bangsa Indonesia menjadi umat yang aktif, produktif, dan berkualitas.

“Al-aqlus salim fil jismis salim. Akal yang cerdas berada pada fisik yang sehat yang sempurna,” lanjutnya.

“Mudah-mudahan umat Islam Indonesia dan warga NU khususnya, mampu memperbaiki dan meningkatkan kesehatan diri dan keluarga masing-masing untuk menuju masyarakat Indonesia yang mutamaddin, keren dan berwibawa,” jelasnya.

Tags : NU , BPJS , Hari Kesehatan