Apa Beda Wisata Kesehatan dan Wisata Kebugaran? Ini Penjelasan Menkes

| Rabu, 20/11/2019 11:06 WIB
Apa Beda Wisata Kesehatan dan Wisata Kebugaran? Ini Penjelasan Menkes Menteri Kesehatan RI dr Terawan Agus Putranto (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto menjelaskan perbedaan wisata kebugaran dan wisata kesehatan. Menurut Terawan, keduanya memiliki perbedaan signifikan sehingga perlu ditempatkan secara berbeda.

"Jelas lain, bugar itu bisa bikin sehat, sehat tidak bisa bugar bagaimana? Jadi pasti berbeda," kata Terawan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa 19 November 2019.

Terawan lalu menjelaskan perbedaan antara wisata kebugaran dan wisata kesehatan terletak pada jenis wisata dan prosesnya. Wisata Kebugaran, katanya, adalah bagaimana wisatawan bisa menikmati suasana nyaman dan bugar.

“Karena itu arahnya bisa ke arah spa, wellness, center, dan sebagainya, sedangkan wisata kesehatan itu dibagi dua, yaitu medical tourism dan medical traveling," ujarnya.

Untuk medical traveling, Terawan mengatakan akan berkutat pada penyediaan fasilitas-fasilitas kesehatan di dekat tempat wisata. Hal ini dilakukan agar jika ada wisatawan yang sakit dapat langsung ditangani di tempat. Sementara itu untuk medical tourism, lanjut Terawan, berbicara tentang wisatawan datang ke Indonesia murni untuk berobat.

"Di tengah berobatnya, dia bawa keluarganya untuk jalan-jalan dan menikmati perjalanan, tapi tujuan utamanya adalah berobat. Entah chek up, atau apapun itu namanya medical tourism," tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan meluncurkan Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Perjalanan Wisata Kebugaran.

Acara peluncuran Katalog Wisata Kesehatan dan Skenario Wisata Kebugaran hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Kesehatan bertempat di Bali Room, Lobby Level, Ganesha Wing, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Peluncuran ini merupakan implementasi dari penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara 2 kementerian yang telah dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

Tags : Kemenkes , Wisata , Kesehatan , Kebugaran