Wapres Ma`ruf Amin Minta Aset First Travel Dikembalikan ke Jemaah

| Rabu, 20/11/2019 16:38 WIB
Wapres Ma`ruf Amin Minta Aset First Travel Dikembalikan ke Jemaah KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin meminta aset First Travel bisa dikembalikan ke jemaah. Ia berharap aset tersebut bisa dibagikan secara adil.

"Ya saya kira itu karena kan itu dananya jemaah yang dipakai oleh First Travel ya. Dan karena itu ketika asetnya disita ya harus dikembalikan ke jemaah," kata Kiai Ma`ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Baca Juga: Kiai Maruf: Kita Ingin Penanganan Radikalisme Jadi Arus Utama Program Nasional

Meskipun begitu, Kiai Ma`ruf belum mengetahui otoritas mana nantinya yang berhak menentukan pengembalian aset First Travel tersebut. Namun, ia tetap meminta agar aset dapat dikembalikan ke jemaah dengan seadil-adilnya.

"Kita serahkan kepada pihak otoritas, mereka punya mekanisme sendiri. Caranya adil, yang penting itu prinsipnya adillah. Kalau dia itu, rugi, ruginya berapa persen. Ya tidak semua. Yang gede-gede yang kecil-kecil ya adillah," terangnya.

Baca Juga: Resmi Jadi Wapres, Kiai Maruf: Saya Santri, Diajarkan Hargai Pendahulu

Mustasyar PBNU itu menuturkan, laporan masing-masing korban First Travel terdahulu bisa menjadi dasar untuk menentukan nominal yang akan dikembalikan kepada korban.

"Saya kira yang melapor sudah ada masing-masing datanya. Sudah ada berapa dia (membayar). Nah dari jumlah dana yang dikumpulkan oleh First Travel itu berapa besar, masing-masing berapa persen, kalau dihitung dana yang terkumpul berapa persen per orang itu," tandasnya seperti dikutip dari detik.com. 

Tags : Kiai Maruf , Aset First Travel , Jemaah , Umroh

Berita Terkait