Gus Muhaimin Minta Kroasia Lobi Uni Eropa `Selamatkan` Nasib 16 Juta Buruh Sawit

| Rabu, 20/11/2019 18:58 WIB
Gus Muhaimin Minta Kroasia Lobi Uni Eropa `Selamatkan` Nasib 16 Juta Buruh Sawit Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua DPR Kroasia Zeljko Reiner (foto: Istimewa)

KROASIA, RADARBANGSA.COM - Dalam lawatannya ke Eropa, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin akan melakukan pertemuan dengan Partai Mayarakat  Eropa (European People Party) di Zagreb, Kroasia, Rabu 20 November 2019.

Pertemuan yang digelar pada 19-21 November 2019 itu membahas berbagai malasalah lingkungan hidup dan perubahan iklim. Sementara Gus Muhaimin akan menyuarakan sawit Indonesia.

Untuk mengawali EPP, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Ketua DPR Kroasia Zeljko Reiner. Dalam kesempatan ini, Gus Muhaimin memintanya agar membantu partai-partai yang tergabung dalam Parlemen Eropa untuk menghapus atau mencabut sanksi sawit Indonesia.

“Pak Zeljko sebagai ketua partai Croation Democratic Union/CDU akan membantu melobi partai yang tergabung dalam Parlemen Eropa soal nasib 16 juta buruh sawit Indonesia,” kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin juga meminta secara khusus ke Zeljko Reiner agar menjembatani Indonesia dalam mengkomunikasikan kepentingan industri sawit Indonesia dan biofuelnya di forum EPP tersebut.

“Kroasia ebagai tuan rumah EPP, posisi tawarnya tentu sangat kuat,” tukasnya.

Soal pelarangan produk CPO di Eropa melalui perundingan IEU-CEPA, lanjut Gus Muhaimin, itu tidak fair. Makanya saya akan lobi habis-habisan dalam forum EPP ini, doakan saja ya,” tutupnya.

Tags : PKB , DPR , Gus Muhaimin , Buruh Sawit