PKB Ingatkan Pemerintah Buka Akses Seluasnya bagi Disabilitas

| Selasa, 03/12/2019 11:39 WIB
PKB Ingatkan Pemerintah Buka Akses Seluasnya bagi Disabilitas Wakil Ketua Komisi IX DPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh (dok @nihayahcenter)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tanggal 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional (HDI). Tahun ini, peringatan HDI di Indonesia mengangkat tema "Indonesia Inklusi, Disabilitas Unggul".

HDI digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap ragam persoalan penyandang disabilitas serta sebagai bagian memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak sahabat disabilitas.

Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018, populasi penyandang disabilitas berat dan sedang di Indonesia mencapai 30 juta orang, sedangkan berdasarkan data Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) berjumlah 21 juta orang.

Melihat data tersebut, Ketua Bidang Kesehatan dan Inklusi Disabilitas DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah untuk membuka akses seluas-luasnya bagi disabilitas.

“Pemerintah harus membuka akses yang luas untuk disabilitas, baik itu akses pendidikan, kesehatan, pekerjaan maupun akses pelayanan umum,” kata Ninik (sapaan akrabnya).

Legislator asal Dapil Jawa Timur III ini menambahkan, komitmen pemerintah menyediakan ruang yang ramah disabilitas tidak boleh luntur. “Pemerintah harus berkomitmen menyediakan ruang-ruang yang ramah bagi teman-teman disabilitas. Karena kesetaraan untuk semua,”

Pun demikian di ruang pekerjaan. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini menilai, peraturan mengenai kewajiban pemerintah dan perusahaan swasta merekrut pekerja disabilitas pada 2015 yang lalu belum sepenuhnya dijalankan dengan baik.

Menurut Ninik, kisruh ini berdampak pada minimnya akses pendidikan, kesehatan, pekerjaan maupun akses pelayanan umum bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

“Ini PR pemerintah dan juga perusahaan. Jangan sampai teman-teman disabilitas termarjinalkan karena keterbatasannya. Nyatanya banyak di antara mereka yang punya keahlian dan pekerja keras,” tutup Ninik.

Tags : PKB , Nihayatul Wafiroh , Hari Disabilitas Internasional