Ratna Juwita Desak Badan Geologi Optimalkan Strategi Mitigasi Bencana

| Selasa, 17/12/2019 11:03 WIB
Ratna Juwita Desak Badan Geologi Optimalkan Strategi Mitigasi Bencana Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII dari Fraksi PKB, Ratna Juwita Sari mendesak Badan Geologi untuk mempersiapkan strategi mitigasi bencana secara optimal, terutama sisi pemulihan psikologis korban bencana.

“Strategi persiapan mitigasi bencana harus menyentuh sisi psikologi masyarakat terdampak, termasuk trauma paska pemulihan,” kata Ratna Juwita saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, di Komplek Senayan, Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.

Legislator asal Tuban, Jawa Timur ini juga meminta pemerintah mengoptimalkan pemasangan alat peringatan dini (early warning system) mengingat Indonesia merupakan negara yang rentan bencana.

“Ini penting sekali pak, early warning system kita harus terpasang di semua zona yang diindikasikan memiliki kerentanan terhadap bencana alam,” kata Ratna.

Tak sekedar infrastruktur, Ratna juga mendorong Pemerintah untuk lebih serius dan gencar meningkatkan kesadaran masyarakat soal mitigasi bencana.

“Karena kita tidak tahu kapan, dimana dan seberapa besar bencana yang akan dihadapi,” lanjutnya.

Sementara pada program sumur bor, Anggota Dewan dari Dapil Jatim IX itu meninta skala prioritas pembagian titik sumur bor harus disampaikan dengan jelas kepada masyarakat. Sehingga azas keadilannya lebih nampak, sebab air adalah kebutuhan pokok rakyat.

“Hal ini terpaksa saya sampaikan. Sebab di tahun 2019, Kabupaten Tuban hanya dapet 2 titik, sementara Kabupaten Bojonegoro hanya dapat 3 titik,” pungkas Ratna Juwita.

Tags : PKB , Ratna Juwita , Mitigasi Bencana , ESDM , Geologi