Farida Hidayati Serahkan Bantuan Alsintan pada Kelompok Tani di Bojonegoro

| Jum'at, 27/12/2019 22:56 WIB
Farida Hidayati Serahkan Bantuan Alsintan pada Kelompok Tani di Bojonegoro Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PKB Farida Hidayati menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk kelompok tani di Kabupaten Bojonegoro yang didampingi oleh kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Helmy Elisabeth di Aula Dinas Pertanian Bojonegoro, Jumat (27/12). (Foto: istimewa)

BOJONEGORO, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Farida Hidayati menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari pemerintah pusat kepada kelompok tani di Kabupaten Bojonegoro, Jumat, 27 Desember 2019. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan usai acara `Pembinaan Kelompok Tani` dalam rangka reses anggota DPR dan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga: Kritisi Kenaikan Cukai Rokok, Farida: Kesejahteraan Buruh dan Petani Harus Diperhatikan

Dalam sambutannya, Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga anggota Komisi IV DPR RI itu menyampaikan bahwa bantuan alsintan ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk meningkatkan produksi pertanian. Dia juga mengajak para petani dan masyarakat agar menggunakan alsintan ini dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pertanian.

"Harapan kami dapat terwujud sinergi antara pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga produktivitas pertanian meningkat dan ketahanan pangan nasional tercapai," ujarnya.

"Masyarakat juga boleh menggunakan alsintan tersebut. Jadi jangan digunakan untuk perorangan saja," tambahnya.

Tak hanya itu, Farida yang juga wakil rakyat dapil Bojonegoro dan Tuban itu mengingatkan agar masyarakat tidak mudah menjual tanah atau mengalihfungsikannya untuk kebutuhan lain. Sebab, lahan untuk pertanian semakin berkurang, sehingga masyarakat mampu memanfaatkan lahan untuk pertanian.

"Karena Pemerintah kesulitan mencari lahan untuk cetak sawah baru. Makanya lahan yang masih ada ditangan para petani sekarang ini sangatlah berarti," ucapnya.

Baca Juga: Terima Kunjungan Peserta MRP, Farida: PKB Tempatnya Milenial

Farida juga mengungkapkan bahwa ketahanan pangan bisa terwujud dengan sinergi antar stakeholder. Sehingga, tak hanya dari kementerian pertanian saja, tapi juga pihak lain yang mendukung peningkatan hasil pertanian.

"Pentingnya sinergi antara stakeholder dalam mewujudkan kedaulatan dan ketahanan pangan tidak hanya ditentukan dari kementerian pertanian saja. Dalam mewujudkan keberhasilan pertanian Indonesia, peran kementerian pertanian tak lebih dari 50 persen, selebihnya tetap harus ada campur tangan seperti kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) dalam pembuatan irigasi. Kemudian himpunan Bank milik negara juga berperan dalam sektor pembiayaan dan lainnya," pungkas Farida.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Helmy Elisabeth dan diikuti oleh ratusan masyarakat yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) se-Kabupaten Bojonegoro.

Tags : Alsintan , Gapoktan , Bojonegoro , Farida Hidayati

Berita Terkait