Presiden Jokowi Perintahkan Semua Kementerian Turun ke Bawah Bantu Korban Banjir

| Selasa, 07/01/2020 16:57 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Semua Kementerian Turun ke Bawah Bantu Korban Banjir Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Terkait dengan banyaknya korban banjir dan luas wilayah yang terdampak bencana pada awal tahun 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh kementerian agar benar-benar terjun ke bawah membantu masyarakat yang menjadi korban.

“Baik yang berkaitan dengan kesehatan berarti Menteri kesehatan, yang berkaitan dengan bantuan-bantuan, berarti Menteri Sosial. Yang berkaitan dengan bantuan-bantuan, mungkin juga di Kementerian BUMN yang bisa menggerakkan BUMN, agar bergerak. Meskipun saya lihat semuanya sudah bergerak tapi ini saya ingatkan lagi,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin, 6 Januari 2020.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Akses ke Daerah Terisolir di Sukajaya Segera Dibuka

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan Kementerian Dalam Negeri untuk mengingatkan seluruh Kepala Daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana, terutama pada musim hujan yang ekstrem seperti sekarang ini.

“Ada persiapan, ada perencanaan, ada persiapan evakuasi,” tuturnya.

Sementara kepada jajaran TNI dan Polri, mantan Walikota Solo itu meminta pada setiap kejadian agar secepatnya bisa membantu ke lapangan, juga Basarnas, dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana. “Agar perintah tidak usah saya ulang-ulang lagi,” tegasnya.

Sebagaimana dilansir dari setkab.go.id, pada Selasa, 7 Januari 2020 pagi Jokowi langsung mengunjungi Kantor Desa Harkat Jaya yang menjadi lokasi posko bantuan bagi warga setempat yang terdampak bencana banjir untuk berinteraksi dan memberikan paket bantuan. Desa di Kecamatan Sukajaya tersebut merupakan desa yang terdampak bencana banjir dan longsor.

Baca Juga: Tanggulangi Banjir, Presiden Jokowi Minta Pemerintah Pusat dan Daerah Gerak Bersama

Dalam perjalanan menuju Kantor Desa Harkat Jaya tampak beberapa ruas jalan yang baru dibuka karena tertutup akibat longsor. Kepala Negara juga sempat meninjau proses pembukaan akses jalan yang tertimbun longsor dan berlokasi tidak seberapa jauh dari kantor desa.

Usai meninjau Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jokowi langsung bertolak menuju Kabupaten Lebak, Provinsi Banten untuk memastikan penanganan bagi para warga terdampak banjir dan longsor berjalan dengan baik. 

Tags : Jokowi , Kementerian , Banjir , Indonesia