Komisi I DPR Terima Kunjungan Dubes Australia, Perkuat Hubungan Bilateral

| Rabu, 15/01/2020 21:22 WIB
Komisi I DPR Terima Kunjungan Dubes Australia, Perkuat Hubungan Bilateral Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid menerima kunjungan Duta Besar untuk Indonesia Gary Quinlan di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1). (Foto: twitter @DPR_RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid menerima kunjungan Duta Besar Australia untuk Republik Indonesia Gary Quinlan. Berbagai isu terhangat mewarnai pertemuan courtesy call tersebut, salah satunya perkembangan terkini terkait stabilitas perairan Natuna Utara yang bersinggungan dengan Kawasan Laut China Selatan.

“Australia turut mengamati perkembangan di perairan Natuna Utara dan akan bersedia membantu dalam kapasitasnya sebagai negara sahabat dan juga Anggota PBB," kata Meutya usai menerima delegasi di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

Politisi Fraksi Partai Golkar itu menambahkan, tidak hanya Natuna, Australia juga berkomitmen untuk terus mendukung kedaulatan NKRI atas Papua. Sikap Pemerintah Australia tegas tidak ingin menganggu kedaulatan Indonesia. Hal ini terlihat dari keinginan Australia untuk menjembatani komunikasi Indonesia dengan negara-negara Pasifik.

“Mereka (Australia) ingin membantu untuk menjelaskan kepada negara-negara pasifik, yang memang terkadang mengangkat isu-isu Papua bahwa Papua saat ini sudah diperbaiki dan dibangun dengan lebih baik lagi dari sebelumnya," ujarnya.

Selain itu, Komisi I DPR RI juga mendorong peningkatan hubungan bilateral khususnya di sektor perdagangan. Menurut legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I ini, tren volume perdagangan kedua negara relatif stabil akan terus ditingkatkan.

Babak baru kerja sama tersebut akan diperkuat melalui ratifikasi Indonesia - Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Dimana pembahasan teknis IA - CEPA akan ditindaklanjuti langsung Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Australia pada bulan Februari mendatang.

“Juga dibahas persiapan kunjungan Presiden Jokowi ke Australia dan bertemu tidak hanya Pemerintah di sana, tetapi juga Parlemennya. Karena Presiden Jokowi fokus pada diplomasi ekonomi, kami mengharapkan sekali hal-hal terkait kerja sama ekonomi akan disampaikan di forum tersebut, termasuk IA-CEPA,” tandas Meutya.

Tags : DPR RI , Dubes Australia , Hubungan Bilateral , Natuna