Presiden Jokowi Instruksikan Evakuasi WNI di Hubei Tiongkok

| Jum'at, 31/01/2020 17:07 WIB
Presiden Jokowi Instruksikan Evakuasi WNI di Hubei Tiongkok Joko Widodo (Presiden RI). (foto: kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan jajarannya untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Keputusan ini disampaikan Jokowi setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan sejumlah menteri kabinet lainnya di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Provinsi DKI Jakarta, Kamis, 30 Januari 2020 sore.

“Tadi Bapak Presiden sudah memerintahkan agar evakuasi WNI Provinsi Hubei dilakukan segera,” ucap Retno usai pertemuan seperti dilansir dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Tantangan Bangsa ke depan Semakin Komplek

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa opsi untuk evakuasi terus dikaji oleh Kementerian Luar Negeri dengan memperhatikan prosedur yang ada. “Tadi saya sudah sampaikan, pagi tadi kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu. Tetapi juga tahapan-tahapannya baru sore ini kita lakukan,” ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu juga menyebutkan bahwa pelibatan unsur lain seperti TNI dimungkinkan terutama yang berhubungan dengan kesehatan. “Saya kira kan, kita kan ada misalnya tim RSPAD itu memang itu jauh lebih siap lah dan mereka sudah menyatakan sudah siap," tuturnya.

Tags : Jokowi , WNI , Tiongkok , Menlu RI