Virus Corona, Wapres Maruf Amin: Kesempatan Produksi Obat Dalam Negeri

| Rabu, 04/03/2020 21:07 WIB
Virus Corona, Wapres Maruf Amin: Kesempatan Produksi Obat Dalam Negeri KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden KH Maruf Amin mengatakan penyebaran Covid-19 yang berdampak pada keterbatasan obat-obatan hingga bahan baku impor dari China dapat dimanfaatkan untuk memproduksi obat dan vitamin dengan menggunakan bahan baku dalam negeri. Menurutnya, kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh produsen obat dan makanan dalam negeri.

"Kita bisa mengembangkan produk dalam negeri sendiri untuk menyediakan bahan baku obat-obatan itu. Nah, ini juga ada hikmahnya, kemudian kita harus bersiap untuk menyiapkan bahan baku obat-obatan dan vitamin-vitamin itu," kata Kiai Maruf di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Baca Juga: Wapres Kiai Maruf Minta Khatib Sampaikan Khotbah Toleran

Untuk diketahui, sebagian besar bahan baku untuk obat-obatan dan vitamin yang diproduksi di Indonesia diimpor dari China. Akibat penyebaran virus corona, produksi bahan baku farmasi mengalami penghentian sementara.

Karena itu, jelas Kiai Maruf, untuk menjaga produksi obat-obatan dan vitamin di dalam negeri berjalan lancar, maka pemerintah membuka impor bahan baku produk farmasi dari dari negara lain. "Ya pemerintah sedang mengusahakan impor (bahan baku obat) dari negara lain selain China, memperbesar impor dari negara lain," ujarnya. 

Tags : Wapres RI , Maruf Amin , Virus Corona , Obat