Siap Gelar MotoGP, Presiden Jokowi: Sirkuit Mandalika Tak Kalah dengan Negara Lain

| Rabu, 16/03/2022 14:52 WIB
Siap Gelar MotoGP, Presiden Jokowi: Sirkuit Mandalika Tak Kalah dengan Negara Lain Sirkuit Pertamina Mandalika. (Foto: pertaminacom)

RADARBANGSA.COM – Balap motor paling bergengsi, MotoGP seri kedua akan digelar di di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Para pembalap MotoGP telah bertemu langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 16 Maret 2022. Hadir dalam kesempatan ini, Marc Marquez, Pol Espargaro, Joan Mir, Johann Zarco, sampai Andrea Dovizioso hingga CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Datang juga Mario Aji, pembalap Honda Team Asia dan Veda Ega Pratama, pembalap Idemitsu Asia Talent Cup.

“Hari ini, sejumlah pembalap dunia itu datang ke Jakarta dan bertandang ke Istana Merdeka. Mereka datang mengenakan kostum balap, bahkan membawa sepeda motor masing-masing dan diparkir di jalan di depan istana,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap, Sirkuit Mandalika menjadi brand baru Indonesia di mata dunia yakni mampu menghadirkan balapan MotoGP. Bahkan, kata Jokowi, Sirkuit ini tak kalah dengan negara-negara lain.

“Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan harapannya untuk pembalap Moto3 asal Indonesia Mario Aji dapat terus berkembang hingga nantinya dapat mengikuti ajang MotoGP.

“Kita kan ada yang ikut tapi di Moto3, Mario kan ikut. Itu bibit yang kita harapkan bisa naik, naik, naik, kemudian masuk ke MotoGP,” ucap Presiden.

Penantian panjang selama 25 tahun akhirnya terjawab. Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah ajang balap paling bergengsi di dunia, MotoGP. Jauh sebelumnya, saat kelas tertinggi balap motor masih bernama 500cc, Indonesia pernah menjadi tuan rumah. Pada Tahun 1996-1997 silam, digelar balap motor dunia di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Saat itu, kelas balapan masih 500cc, 250cc, dan 125cc. Ketiga kelas tersebut kini berubah menjadi MotoGP, Moto2, dan Moto3.

Tags : MotoGP Mandalika , Presiden Jokowi

Berita Terkait