Kejar Pembangunan Desa, Gus Halim Targetkan Satu Desa Satu Pendamping Desa

| Jum'at, 02/09/2022 17:13 WIB
Kejar Pembangunan Desa, Gus Halim Targetkan Satu Desa Satu Pendamping Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menargetkan satu desa satu pendamping desa. Menurutnya, peran tenaga pendamping desa sangat diperlukan dalam memajukan desa.

"Makanya target saya adalah RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) 2025-2045 itu harus satu desa satu pendamping lokal desa" kata Mendes PDTT Halim Iskandar di Palangkaraya, Jumat, 2 September 2022.

Gus Halim-sapaan akrabnya menjelaskan, pendamping desa merupakan salah satu pilar dari pembangunan desa yang posisinya berada di bawah menteri dan birokrasi. Berbeda dengan pendamping-pendamping lainnya yang sektoral, tugas pendamping desa lebih holistik dan general.

“Apapun yang berkaitan dengan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, maka di situlah tugas utama dari pendamping desa,” tandasnya.

Menurut Gus Halim perbedaan pendamping desa dengan pendamping lainnya berada pada sistem kerja. Sebab, pendamping desa tidak mengenal jam kerja.

"Saya di mana-mana ngomong ayo sandingkan kinerja pendamping desa dengan pendamping selain pendamping desa. Saya jamin pendamping desa jauh lebih optimal," ujar Gus Halim.

Tags : Pendamping Desa , Gus Halim , Kemendes PDTT

Berita Terkait