Proyek Palapa Ring Sudah Selesai, Menkominfo: Supaya Internet Sampai ke Pedesaan

| Rabu, 28/03/2018 07:10 WIB
Proyek Palapa Ring Sudah Selesai, Menkominfo: Supaya Internet Sampai ke Pedesaan Network Operation Center Palapa Ring Barat. (Dok Kominfo)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan proyek Palapa Ring Barat sudah selesai dan siap beroperasi. Ke depannya diharapkan para operator seluler bisa segera memanfaatkan jaringan kabel fiber optik bawah laut itu untuk meluaskan jaringan sampai ke pedesaaan.

"Palapa Ring Barat itu ibaratnya jalan tol, operator nantinya yang membangun jalan akses. Pemerintah akan berikan diskon dan kami berharap pemerintah daerah mempermudah proses perizinannya," kata Rudiantara saat berkunjung ke Network Operation Center Palapa Ring Barat di Kabupaten Natuna,Kepulauan Riau, Senin, 26 Maret 2018.

Menteri Rudi menjelaskan, keringanan biaya sewa dan kemudahan perizinan pun akan diberikan oleh pemerintah untuk pemakaian Palapa Ring Barat. Menurutnya, proyek itu merupakan wujud keberpihakan pemerintah untuk memberikan layanan komunikasi dan internet bagi seluruh masyarakat yaitu pemerintah membangun infrastruktur pendukung tanpa memikirkan untung rugi.

Saat ini, lanjutnya, juga dilakukan pembangunan infrastruktur pendukung di wilayah barat. Sehingga, akses Palapa Ring ini nantinya tidak hanya digunakan untuk selular tetapi juga untuk internet.

Sementara, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Armand Hermawan menyatakan Palapa Ring Barat merupakan proyek pertama yang beroperasi yang pembiayaannya menggunakan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Hal itu diharapkan bisa menambah kepercayaan diri badan usaha untuk berinvestasi di sektor infrastruktur.

"Ini menunjukkan bahwa inovasi dari pemerintah berhasil untuk melibatkan badan usaha berinvestasi dalam sektor infrastruktur. Proyek Palapa Ring Barat menjadi salah satu bukti efektifnya inovasi dari pemerintah ini. Badan usaha pun diyakini semakin percaya diri untuk membantu pembangunan infrastruktur," katanya seperti dikutip suara.com, Rabu, 28 Maret 2018.

Tags : Kemenkominfo RI , Palapa Ring Barat , Internet

Video Terkait