Selain Indonesia, Negara Ini Juga Pernah Blokir Medsos saat Darurat

| Kamis, 22/08/2019 20:53 WIB
Selain Indonesia, Negara Ini Juga Pernah Blokir Medsos saat Darurat Ilustrasi hoax (dok merahputihcom)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir akses media sosial di wilayah Papua dan Papua Barat menyusul maraknya peredaran hoaks di wilayah tersebut.

Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu Melalui keterangan resminya menyatakan telah memblokir penuh akses internet di Papua dan Papua Barat mulai Rabu 21 Agustus 2019.

Ini adalah kali kedua setelah insiden rusuh pasca Pemilu 22 Mei 2019 yang lalu, Kemenkominfo melakukan intervensi terhadap akses komunikasi dan internet di Papua pasca kerusuhan yang pecah di Manokwari, Papua Barat.

Praktik pembatasan layanan telekomunikasi semacam ini ternyata tak hanya dilakukan di Indonesia. Berikut daftar negara yang juga pernah melakukan hal yang sama seperti dilansir Reuters/AFP:

Sri Lanka

Akibat banyaknya berita hoaks tersebar pasca-peristiwa bom bunuh diri Paskah 21 April 2019 pemerintah Sri Lanka menutup jejaring sosial Facebook, Twitter, YouTube, Instagram dan WhatsApp selama 9 hari. Bom yang menewaskan 258 orang dan menyebabkan 500 orang terluka diduga didomplengi ISIS. Banyak yang mengaku menggunakan VPN dan TOR agar tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat dekat.

Bangladesh

Pemerintah menghentikan layanan internet 3G dan 4G sebelum pemilu untuk jaga keamanan negara dan mencegah penyebaran desas-desus, menurut Asisten Direktur Senior BTRC, Zakir Hossain Khan Desember 2018 lalu. Bangladesh bahkan menutup akses terhadap portal berita populer, Poriborton.com Selasa 21 Mei 2019 karena laporannya menyebabkan kemarahan badan intelijen militer Bangladesh.

Sudan

Awal Januari 2019, pemerintah Sudan juga menutup akses media sosial populer setelah kerusuhan berlangsung selama dua minggu. Saat itu, warga protes agar Presiden Omar Al-Bashir turun dari jabatannya setelah berkuasa 20 tahun. Menurut Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Nasional Sudan, Salah Abdallah, pemblokiran sosial media sudah jadi bahan perbincangan sejak kisruh terjadi 21 Desember 2018.

Iran

Sejak 2018, aplikasi Telegram diblokir pemerintah karena dianggap telah digunakan sejumlah pihak anti-pembangunan di Iran. 40 dari 46 juta pengguna media sosial di Iran menggunakan Telegram untuk banyak hal, mulai dari berjualan pakaian hingga mencari dokter. Media sosial seperti Facebook dan Twitter sudah ditutup sejak tahun 2009.

Rusia

Pertengahan tahun 2018, pemerintah Rusia juga menutup akses Telegram, aplikasi pesan instan yang dianggap aman dan terenkripsi baik. Bahkan pemerintah mengancam pemblokiran akses VPN untuk mengakses situs terlarang. Badan sensor Rusia telah mengirim notifikasi pemblokiran oleh 10 penyedia VPN di Rusia, di antaranya seperti KNordVPN, Hide My Ass! dan Kaspersky Secure Connection sejak April 2018.

Cina

Cina memiliki platform media sosial sendiri yang dikelola oleh negara, seperti WeChat, Weibo, QQ dan YouKu. Media sosial besar seperti Facebook, YouTube dan WhatsApp tidak bisa diakses. Lewat sistem poin (scoring system), kebebasan berekspresi baik melalui media sosial maupun telepon kini dimonitor penuh oleh pemerintah.

Tags : Hoaks , Kominfo , Indonesia

Video Terkait