Indonesia dan AS Akan Luncurkan Teknologi Peringatan Dini Tsunami

| Senin, 13/01/2020 22:03 WIB
Indonesia dan AS Akan Luncurkan Teknologi Peringatan Dini Tsunami Kerjasama BPPT RI dan AS Melalui United Nations, Senin 13 Januari 2019 (Foto: BPPT RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Republik Indonesia (BPPT RI) tengah melakukan kerja sama dengan AS untuk mengimplementasikan pemanfaatan Smart Cable Technology dalam upaya penguatan operasi peringatan dini tsunami.

Kepala BPPT Hammam Riza menyambut positif kerja sama ini. Menurutnya, kerjasama ini akan menghasilkan teknologi yang memperkuat sistem deteksi dan peringatan dini tsunami.

“Nantinya teknologi ini juga akan mendeteksi karakterisasi sumber dan prakiran gelombang tsunami, selain itu kami juga akan terus berinovasi menciptakan sistem deteksi dini tsunami yang lebih ideal dengan mengembangkan teknologi Cable Base Tsunameter (CBT) berbasis kabel optik,” Ujar Hammam dalam keterangan tertulisnya, Senin, 13 Januari 2020.

Adapun Tim gabungan ini terdiri dari pemerintah, swasta serta beberapa pihak universitas. Sejauh ini, tim gabungan tersebut telah melakukan penelitian dalam 10 tahun terakhir dan menyimpulkan bahwa #SMARTCABLE (Science Monitoring And Reliable Telecommunication) merupakan solusi yang layak secara ekonomis untuk memenuhi kebutuhan operasi peringatan dini tsunami.

Melalui kerjasama ini pemerintah berharap dapat mendorong Indonesia menjadi negara yang mandiri dalam penanganan bencana, khususnya terkait sistem peringatan dini tsunami.

Tags : BPPT RI , Peringatan Tsunami

Video Terkait