BSSN Bangun Pusopkamsinas Guna Deteksi Dini Cyber Attack

| Rabu, 05/02/2020 20:05 WIB
BSSN Bangun Pusopkamsinas Guna Deteksi Dini Cyber Attack BSSN Bangun Pusopkamsinas Guna Deteksi Cyber Attack

 

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Untuk memperkuat sistem keamanan negara dari cyber attack, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) resmi membangun Pusat Koordinasi Kemanan Siber Nasional (Pusopkamsinas).

Kepala BSSN Hinsa Siburian mengatakan pembangunan Pusopkamsinas ini untuk  mendeteksi dini serangan siber. Didalamnya juga akan dibangun beberapa infrastruktur untuk mencegah meluasnya dampak serangan siber, serta memprediksi serangan siber di masa depan. 

Berdasarkan keterangan dari BSSN, di tahun 2019 tercatat lebih dari 220 juta percobaan serangan siber diluncurkan ke Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan Pusokamsinas dipandang sebagai jawaban guna menghalau tantangan keamanan siber di Indonesia. 

Beberapa fasilitas pendukung kerja BSSN ini adalah CyberGym Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). CyberGym SCADA merupakan fasilitas penunjang untuk membantu tim BSSN berlatih menjaga efisiensi, pemrosesan data, dan menyelesaikan masalah seputar keamanan siber dengan lebih cepat. Selain itu juga terdapat digital forensic lab.

Kedepan, Pusokamsinas diharapkan dapat menjadi dasar strategi perlindungan keamanan siber nasional serta memungkinkan pemerintah memperoleh gambaran menyeluruh kondisi keamanan siber dan meresponnya dengan tanggap insiden keamanan siber yang lebih cepat.

Tags : BSSN , Pusopkamsinas

Video Terkait