Catat! Kereta Api Cepat Pertama di Indonesia Selesai Akhir Tahun 2021

| Selasa, 25/02/2020 15:14 WIB
Catat! Kereta Api Cepat Pertama di Indonesia Selesai Akhir Tahun 2021 Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung Selesai Akhir Tahun 2021 (Foto: Suara.com)

PURWAKARTA, RADARBANGSA.COM - Proyek Pembangunan Kereta Api Cepat pertama di Indonesia dengan rute Jakarta - Bandung dikabarkan akan selesai pada akhir tahun 2021.

"Kita tetap fokus menyelesaikan ini, 2021 akhir sudah beroperasi. Jadi saya tadi bicara dengan tim PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tidak masalah, kita bisa optimalkan," kata Menhub Budi, Minggu, 23 Februari 2020.

Saat ini progres pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah mencapai 44% dan untuk pembebasan lahan sudah mencapai 99,96%.

PT KCIC mengkonfirmasi hal ini dengan mengatakan pihaknya saat ini tengah mengerjakan sebanyak 13 Tunnel atau terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Nantinya Kereta Cepat Jakarta Bandung akan memiliki panjang mencapai 142,3 km dengan empat stasiun pemberhentian, yakni Stasiun Halim, Karawang, Walini, hingga Tegalluar, Bandung,” ujar Direktur PT KCIC, Dwiputra di Purwakarta.

Dari jalur tersebut sebanyak 80 km dibangun layang atau elevated. Sedangkan, sisa jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung digarap di atas tanah yang di antaranya melalui tunnel atau terowongan yang menembus bukit.

Dengan keberadaan Kereta ini, waktu tempuh Jakarta – Bandung akan lebih cepat yaitu sekitar 46 menit dengan kecepatan sekitar 350 km/jam.

Perlu diketahui Pembangunan kereta api cepat ini adalah yang pertama di Indonesia. Dengan ini banyak harapan yang muncul dari pemerintah salah satunya peningkatan ekonomi masyarakat.

"Saya bangga dan senang ada suatu proyek kereta cepat pertama kali di Indonesia, ini dikerjakan (dengan skema pembiayaan) business to business jadi artinya swasta Indonesia dengan swasta China. Ini merupakan proyek strategis yang kita inginkan karena tidak membebani APBN. Bayangkan ada Rp. 83 triliun yang masuk Indonesia dari swasta dalam proyek ini," ucap Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan jika kereta cepat Jakarta-Bandung ini sukses kedepannya akan dilanjutkan hingga Surabaya.

Tags : Kereta Api Cepat , Menhub , PT KCIC , 2021

Video Terkait