Covid-19: Robot Menjadi Bartender di Bar Korea Selatan

| Kamis, 04/06/2020 19:20 WIB
Covid-19: Robot Menjadi Bartender di Bar Korea Selatan Robot Beroperasi di Bar Korea Selatan (Doc: Reuters)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Reuters melaporkan sebuah robot beroperasi di salah satu bar di Korea Selatan. Robot tersebut beroperasi layaknya karyawan bar yang sedang membuat koktail dari 25 botol menggantung yang terbalik di langit-langit. Selain itu robot ini juga mampu mengukir bola es sempurna dengan hanya menghabiskan sedikit waktu melalui pisau dan pemecah es.

Secara visual, robot ini terlihat manis dengan mengenakan rompi dan dasi kupu-kupu yang disesuaikan, Robot yang disebut dengan Cabo ini memiliki tinggi enam kaki dan sempat berbicara saat sedang bekerja.

"Apakah kamu melihat ini? Bola es yang indah telah dibuat. Nikmati wiski dingin ini,” katanya dalam Bahasa Korea.

Selama pandemi, robot ini dioperasikan untuk meminimalkan kontak manusia demi menghindari penyebaran wabah covid-19. Cabo dikabarkan memulai debutnya pada tahun 2017, tetapi kehadirannya saat ini digunakan untuk mendorong pelanggan kembali ke fasilitas hiburan terlebih pasca covid-19.

"Karena ruang ini biasanya dipenuhi orang, pelanggan cenderung merasa sangat cemas," kata Choi Won-woo, seorang bartender manusia yang merakit minuman. "Saya pikir mereka akan merasa lebih aman jika robot membuat dan menyajikan es daripada jika kita melakukannya sendiri," tambahnya.

Di sebuah bar, manajer Kim Tae-wan menunjukkan aktivitas robot yang tengah mengguncang mojitos dan koktail dengan tangannya. Kim mengatakan minuman yang dibuat dapat memberikan kualitas yang konsisten pada campuran mereka yang tidak bisa dilakukan oleh bartender manusia

Kim mengatakan bahwa pelanggan kini tampak merasa aman dengan kehadiran robot, meskipun beberapa dari pelanggan mengkritik kualitas yang terdapat pada robot tersebut.

"Agak mengecewakan bahwa Anda tidak dapat berbicara dengan para bartender. Salah satu hal baik tentang pergi ke bar untuk minum adalah Anda dapat mengobrol dengan mereka tentang minuman atau tentang kekhawatiran saya." kata mahasiswa berusia 21 tahun, Moon Seong-eun

 

Tags : Robot , Bartender

Video Terkait