Salip Goggle dan Amazon, Apple Jadi Merek Termahal Dunia

| Jum'at, 29/01/2021 20:16 WIB
Salip Goggle dan Amazon, Apple Jadi Merek Termahal Dunia Gerai Apple di China Akan Dibuka (Foto: Merdeka.com)

RADARBANGSA.COM - Apple mengukuhkan diri sebagai merek termahal di dunia tahun 2020 yang dinobatkan oleh Brand Finance. Hal ini diduga karena kebijakan diversifikasi pada layanan digital dan langganan Apple.

Mengutip Apple Insider yang dilansir dari detik.com, Jumat, 29 Januari 2021, Apple kembali merebut posisinya setelah lima tahun tidak memegang gelar tersebut. Nilai merek Apple diperkirakan mencapai US$263,4 miliar atau setara Rp3.700 Triliun (kurs Rp14.050).

Perusahaan ini berhasil menyalip Google dan Amazon. Kabarnya, nilai itu naik 87% dalam nilai perkiraan tahun lalu.

"Di bawah kepemimpinan Tim Cook, terutama selama lima tahun terakhir. Apple mulai fokus pada pengembangan strategi di atas dan di luar iPhone yang pada tahun 2020 menyumbang setengah dari penjualan versus dua pertiga pada 2015," seperti dilaporkan Brand Finance.

Lebih lanjut, Brand Finance menjelaskan bahwa kebijakan diversifikasi telah berkembang menjadi layanan digital dan langganan, termasuk App Store, iCloud, Apple Podcasts, Apple Music, Apple TV, dan Apple Arcade. Pada tahun baru saja, pelanggan App Store menghabiskan US US$ 540 juta untuk digital barang dan jasa.

Selanjutnya, menurut perhitungan Brand Finance, Amazon turun dari posisi teratas setelah berhasil mencatat pertumbuhan nilai merek 15% yang sehat menjadi US$ 254,2 miliar. Brand Finance mencatat bahwa Amazon adalah salah satu dari sedikit merek yang mendapat keuntungan besar dari pandemi.

Tags : Apple , Google , Amazon , Merek

Video Terkait