Tesla dan Ford Jadi Pemasok Listrik Darurat di Texas

| Rabu, 24/02/2021 16:34 WIB
Tesla dan Ford Jadi Pemasok Listrik Darurat di Texas Mobil Listrik (Sumber: interestingengineering.com)

RADARBANGSA.COM - Negara bagian Texas saat ini sedang dilanda bencana, musim dingin yang ekstrem menyebabkan pemadaman aliran listrik besar-besaran dan kurangnya pasokan air bersih akibat badai musim dingin yang sedang berlangsung. Aktivitas warga menjadi terbatas tanpa aliran listrik, khususnya pemanas yang sangat dibutukan pada musim dingin yang ekstrem.

Ditengah bencana yang sedang dialami, beberapa warga melakukan cara inovatif untuk mengalirkan listrik ke rumah mereka dengan menggunakan mobil miliknya sebagai pemasok tenaga listrik.

Dilansir dari Interesting Engineering, pada hari Selasa, 23 februari 2021, dua mobil yang telah digunakan untuk mengalirkan listrik adalah mobil merek Ford dan Tesla. Secara mendadak, kedua mobil tersebut menjadi perhatian khususnya di media sosial seperti Twitter dan Reddit.

Ford F-150 Hybrid

Tipe mobil Ford yang digunakan sebagai pemasok tenaga listrik adalah Ford F-150 Hybrid. Ford dengan Pro PowerBoost 7,2 kW onboard dapat bekerja sebagai pemasok listrik saat pemadaman terjadi. Mobil tersebut bisa digunakan untuk menyalakan listrik rumah selama kurang lebih 72 jam. Sehingga penerangan pada malam hari bisa didapatkan, ataupun menonton tv dan menyalakan pemanas untuk membuat secangkir kopi.

Tesla Powerwalls

Mobil Tesla juga bisa digunakan untuk memasok aliran listrik dan banyak digunakan pula oleh orang Texas agar tetap aman dan hangat selama pemadaman listrik. Beberapa pemilik Tesla lokal diketahui telah menggunakan Tesla Powerwalls untuk menyediakan listrik cadangan selama pemadaman. Dalam Tesla Model 3 bisa berfungsi sebagai “sleeping pod dengan baterai 75kw”. Tesla juga mampu menyediakan 29 jam listrik cadangan 

 

Tags : Texas , Tesla , Ford , Listrik

Video Terkait