Dukung PPKM Darurat, Belanja Ke Pasar Tradisional Bisa Lewat WhatsApp

| Minggu, 04/07/2021 18:21 WIB
Dukung PPKM Darurat, Belanja Ke Pasar Tradisional Bisa Lewat WhatsApp Pasar Juwara, Belanja di Pasar Cukup Via WhatsApp (foto:Whatsapp/Pasarjuwara)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah telah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai cara menekan kasus COVID-19 yang terus melonjak. Masyarakat dilarang untuk berkerumunan dan pemerintah juga menghimbau agar masyarakat tidak keluar rumah.

Seiring dengan kebijakan pemerintah dalam pemberlakuan PPKM, WhatsApp mengeluarkan fitur baru untuk memudahkan pengguna berbelanja dari pedagang pasar terdekat.

WhatsApp menggandeng beberapa UKM Indonesia untuk meluncurkan chatbot "Pasar JuWara". Program ini juga sebagai cara untuk mendukung pedagang pasar tradisional. Pasalnya, pandemi yang menyebabkan omzet pedagang pasar tradisonal turun.

Pengguna cukup chat ke chatbot Whatsapp "Pasar JuWAra". Lalu, pilih lokasi dan nanti sistem akan mengarahkan agar bisa chat dan memesan belanjaan dari pedagang pasar terdekat.

Pedagang yang sudah terhubung dengan pembeli akan memberikan katalog dagangan mereka dan pembeli tinggal memesan saja.

Program ini dimulai sejak bulan April lalu. Saat ini, ada sekitar 1.130 pedagang dari 66 pasar di 25 kota Indonesia telah menjalani pelatihan WhatsApp Business dan mulai berdagang via WhatsApp.

Berikut ini cara berbelanja di pasar tradisional melalui WhatsApp:

1. Untuk mencari pedagang terdekat, pengguna hanya perlu chat ke nomor WhatsApp 087775313357.

2. Penguna lantas diberi opsi untuk memilih pedagang berdasarkan lokasi atau kategori produk.

3. Jika ingin menemukan toko berdasarkan lokasi, ketik 1 lalu bagikan lokasi dengan mengklik tanda klip disebelah tanda kamera, dan pilih share my current location.

4. Pengguna kemudian diberikan link agar langsung terhubung kemudian akan diminta untuk memilih kategori produk dan membagikan lokasi, untuk dapat melihat daftar pedagang paling relevan serta nomor WhatsApp Business mereka.

5. Setelah terhubung dengan pedagang, pengguna akan diarahkan ke katalog dari Whatsapp Business pedagang dan bisa langsung memasukkan ke keranjang belanja.

 

Tags : WhatsApp , BelanjaOnline , Pasar Tradisional

Video Terkait